Daftar Mata Uang Tertua di Dunia yang Masih Digunakan, Nomor 9 Sudah Ada Sejak 1222 Tahun yang Lalu

Dinar Fitra Maghiszha
Daftar Mata Uang Tertua di Dunia yang Masih Digunakan, Nomor 9 Sudah Ada Sejak 1222 Tahun yang Lalu. Foto: Istimewa.

 2. Macau Pataca

Diperkenalkan: 1894 atau 128 tahun yang lalu

Pengguna: Makau (Wilayah Administratif Khusus Republik Rakyat Tiongkok/MSAR)
Macau pataca adalah mata uang resmi Makau (MSAR), yang didukung oleh dolar Hong Kong. Mata uang ini menggantikan dolar Spanyol-Amerika pada 1894 di bekas Makau Portugis, sebuah koloni Portugis sejak 1557 hingga 1999, ketika Republik Tiongkok mengambil alih kedaulatan.

Uang kertas diterbitkan oleh dua bank komersial, Banco Nacional Ultramarino dan Bank of China. Karena masa lalu kolonial di sana, uang kertas dicetak menggunakan bahasa Portugis dan China dalam pecahan 10, 20, 50, 100, 500, dan 1.000. Nilai mata uang ini sama dengan nilai dolar Hong Kong.

3. Yen Jepang

Diperkenalkan: 1871 atau 151 tahun yang lalu

Pengguna: Jepang Yen diperkenalkan 151 tahun lalu dalam The New Currency Act pada 1871.

Uang kertas yang sering digunakan dalam pecahan 1.000, 5.000, dan 10.000, dengan gambar wajah tokoh penting di sejarah Jepang. Yen Jepang telah mengalami beberapa devaluasi selama Perang Dunia II dan krisis minyak pada 1973, sehingga Pemerintah Jepang telah mempertahankan rezim dirty float agar tetap stabil, di mana mereka membeli dan menjual yen untuk mempertahankan kisaran tertentu.

Yen tetap bertahan meskipun banyak krisis ekonomi dan keuangan yang terjadi. Adapun nama yen diterjemahkan menjadi "benda bulat" karena bentuk koin Jepang yang bulat sempurna. Uang kertas yen adalah salah satu uang kertas yang paling sulit untuk dipalsukan karena hologram, tanda air, dan tinta khusus membuat permukaannya mudah disentuh, membuat pencetakan atau penyalinan menjadi sulit.

4. Pound Kepulauan Falkland

Diperkenalkan: 1833, 189 tahun yang lalu

Pengguna: Kepulauan Falkland Pound adalah mata uang resmi Britania Raya dan Wilayah Seberang Laut Britania di Samudra Atlantik Selatan, Kepulauan Falkland.

Kepulauan ini telah menggunakan sterling, pound, dan sen sejak 1833. Setelah itu, Inggris menegaskan kembali kedaulatan Kepulauan Falkland. Kepulauan Falkland memiliki sembilan koin berdenominasi berbeda dan uang kertas dengan nilai 5, 10, 20, dan 50 bergambar Ratu Elizabeth II yang sama, peta pulau kecil, dan lambang Falklands.

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network