BTS Segera Jalani Wajib Militer, Korea Selatan Diprediksi Rugi Rp55 Triliun

Sukainah Hijarani
(Foto: HYBE)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Sebelumnya banyak isu mengenai BTS akan menjalani wajib militer, dan kini HYBE mengumumkan jika BTS akan memulai program wajib militer (wamil) di tahun 2022. Jin BTS akan menjadi personel BTS pertama yang akan menjalani wajib militer setelah merilis proyek solonya pada akhir Oktober 2022.

BIGHIT music, sebagai manajemen, memprediksi BTS akan Kembali menjalani promosi grup pada tahun 2025. Kabar ini Tidak hanya membuat Army kaget, bahkan jajaran petinggi Korea Selatan pun kaget.

Kabar wamilnya BTS bukan hanya berpengaruh terhadap industri musik tetapi juga perekonomian Korea Selatan.

Dilansir Fortune, BTS telah membuktikan nilainya sebagai kekuatan ekonomi. Hyundai Research Institute pada 2018 mengatakan BTS berkontribusi lebih dari USD3,6 miliar (Rp55,6 triliun) untuk ekonomi Korea Selatan setiap tahun, hal ini setara dengan kontribusi 26 perusahaan menengah.


5 Fakta Jin BTS (Foto: HYBE)

Peneliti Hyundai juga mengatakan boyband tersebut mampu membawa satu dari setiap 13 turis yang mengunjungi Korea Selatan pada tahun 2017, dan menghasilkan sekitar USD1,1 miliar (Rp17 triliun) dari ekspor barang konsumen seperti barang dagangan dan kosmetik dalam satu tahun. Antara 2014 dan 2023, analis memproyeksikan BTS akan menyumbang USD29,1 triliun untuk ekonomi Korea Selatan.

Selain menyumbangkan kekayaan ke Korea Selatan, grup ini telah membuktikan kemampuannya untuk mengguncang pasar keuangan negara itu. Pengumuman hiatus BTS pada bulan Juni membuat saham perusahaan manajemennya, HYBE, turun seperempat dari nilainya, dengan saham jatuh ke level terendah sejak perusahaan go public dua tahun sebelumnya. Berita wajib militer anggota band pada hari Senin mengirim saham HYBE 2,5 persen lebih rendah.

Sementara untuk personel BTS lain akan menjalani wamil sesuai dengan rencana mereka masing-masing. Dengan begitu, maka RM cs akan kembali bersatu sebagai grup setelah mereka menyelesaikan wamil, pada 2025.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network