Penyebab Terhapusnya Rekaman CCTV Stadion Kanjuruhan Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini

Avirista Midaada
Pintu 13 Stadion Kanjuruhan banyak menelan korban dalam tragedi Arema (Foto: MPI/Avirista Midaada)

MALANG, iNewsPandeglang.id -  Teka teki terhapusnya  rekaman kamera pengawas CCTV dalam insiden tragedi Arema di Stadion Kanjuruhan lambat laun akhirnya terkuak. Sebagaimana diungkapkan  oleh utusan Kementerian Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) yang menyaksikann jalannya   rekonstruksi di Polda Jawa Timur Deputi V Bidang Keamanan Kemenkopolhukam Irjen Pol Armed Wijaya.

Irjen Pol Armed Wijaya seusai mengunjungi rumah keluarga korban di Kabupaten Malang, pada Rabu malam (19/10/2022) menyatakan bahwa rekaman CCTV  ada yang terhapus sekitar 3 jam lebih itu diduga akibat adanya gangguan internet sesusi dengan keterangan penyidik serta  tim Laboratorium Forensik (Labfor).

"Dari keterangan sementara penyidik dan tim labfor itu akibat dari gangguan internet," ujarnya dikutip dari MNC Portal Rabu (19/10/2022)

Meski demikian, Armed Wijaya menjelaskan terkait  kepastiannya pihak Kemenkopolhukam akan meminta jawaban langsung dari kepolisian secara tertulis. Jika memang benar ada jaringan internet yang bermasalah sehingga membuat rekaman CCTV hilang nanti akan dibahas oleh Tim Independen Gabungan Pencari Fakta (TGIPF).

"Ini menurut keterangan sementara penyidik tentang terhapusnya itu.Kalau memang betul-betul dari internet harus dijawab secara tertulis dan nanti tindak lanjutnya dari TGIPF seperti apa, seperti apa, harus secara resmi," tuturnya.

Menurut Armed Wijaya TGIPF dan sampai saat ini  pihak Kemenkopolhukam telah mengantongi rekaman CCTV yang dimaksud. Namun hasilnya  diakui sama yakni ada beberapa waktu yang hilang selama tragedi Kanjuruhan terjadi, mengingat rekaman itu juga didapat dari penyidik kepolisian.

"Kita dapat pun dari penyidik, setelah kita cek loh kok yang ini ada yang mati selama 3 jam, pas itu pun saat situasi lagi apa, ini yang kita pertanyakan kemana," pungkasnya.

Artikel ini bersumber dari Okezone.com dengan judul Terungkap! Ini Penyebab Terhapusnya Rekaman CCTV Stadion Kanjuruhan

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network