5 Doa Sang Istri untuk Rezeki Suami, Lengkap Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Rilo Pambudi
(Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Amalan Doa istri untuk rezeki suami lengkap dengan bahasa Arab, latin, dan artinya. Dalam sebuah rumah tangga, mendoakan suami adalah kewajiban seorang istri dan sebaliknya.

Istri yang sholehah hendaknya senantiasa mendoakan segala kebaikan untuk sang suami, termasuk ketika bekerja. Pasalnya, seorang suami memang memikul kewajiban untuk menafkahi, memenuhi kebutuhan, serta menjaga istri dan anaknya dalam segala hal.



Sudah menjadi tugas istri untuk menjadi pendamping hidup  suami yang selalu taat kepada menyenangkannya. Dalam sebuah hadits, diriwayatkan bahwa Rasulullah pernah bersabda:

 الَّتِي تَسُرُّهُ إِذَا نَظَرَ وَتُطِيعُهُ إِذَا أَمَرَ وَلَا تُخَالِفُهُ فِي نَفْسِهَا وَمَالِهَا بِمَا يَكْرَهُ

Artinya: "Yaitu wanita yang sangat menyenangkan ketika dilihat, taat ketika diperintah oleh suaminya, dan tidak menyimpang pada dirinya sendiri dan hartanya dengan melakukan sesuatu yang tidak disukai (oleh Allah).” (HR. Abu Dawud dan an-Nasa’i).

Berdasarkan penjelasan hadist diatas, istri terbaik menurut Rasulullah adalah istri yang sangat menyenangkan ketika dipandang, taat kepada suaminya dan menjaga diri dan hartanya untuk kebaikan”.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan seorang istri untuk suaminya adalah senantiasa mendoakan. Dalam sebuah hadits, disebutkan bahwa doa seorang istri untuk suami adalah doa yang mustajab. "Sesungguhnya, Doa yang segera dikabulkan oleh Allah adalah Doa seorang (istri) kepada orang lain (suami) yang tidak berada di tempat yang sama (berjauhan).” (HR.Tirmidzi).
 

Berdasarkan hadits tersebut, maka dapat dikatakan bahwa doa istri untuk suami yang sedang bekerja atau mencari rezeki sangatlah dianjurkan. Doa dan restu istri bisa menentukan kelancaran dan kesuksesan rezeki suami dalam mencari nafkah bagi keluarga. Doa Istri untuk Rezeki Suami (Arab, Latin, dan Artinya)

 1. Doa Agar Suami Panjang Umur

 اَللّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Latin: “Allahumma Thòwwil Umuuròna, Wa Shòhhih Ajsaadana, Wa Nawwir Quluubana, Wa Sabbit Imanana Wa Ahsin A'malana, Wa Wassi’ Arzaqònaa, Wa Ilal Khòiri Qòrribnaa Wa ‘Anisy-syarri AbIdna, Waqdhi Khawaa-Ijana Fiddiini Waddunyaa Wal Aakhirati Innaka ‘Alaa Kulli Syai-in Qòdiir.”

 Artinya: “Ya Allah, panjangkanlah umur kami, berilah kesehatan pada jasad kami, berilah keterangan pada hati kami, jagalah iman kami, luruskanlah amalan kami, perbanyaklah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam beragama, dunia, dan akhirat. sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

2. Doa untuk Kelancaran Rezeki Suami

 اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ
 

Latin: “Allòòhumma innii as-aluka an tarzuqònii rizqòn halaalan waasi’an thòyyiban min ghairi ta’abin wala masyaqqotin walaa dlòirin walaa nashabin innaka ‘a-laa kulli syai-in qòdiir.”

Artinya: "Ya Allah sesungguhnya aku dan suamiku adalah hamba yang lemah, maka dari itu kuatkanlah, aku dan suamiku adalah hina maka muliakanlah, aku dan suamiku adalah fakir maka kayakanlah. Wahai Allah dzat yang penyayang dan pemberi rezeki”.

3. Doa Agar Suami Terhindar dari Kesulitan

 اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي، وَآمِنْ رَوْعَاتِي، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنَ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِي، وَعَنْ يَمِينِي، وَعَنْ شِمَالِي، وَمِنْ فَوْقِي، وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي

Latin: “Allahumma Inni As-alukal ‘Afwa Wal ‘Afiyah Fid Dun-yaa Wal Aakhirah. Allahumma Innii As-Alukal ‘Afwa Wal ‘Aafiyah Fi Diini Wa Dunyaa-ya Wa Ahlii Wa Maalii. Allahummas-Tur ‘Au-Raatii Wa Aamin Rau-‘aatii.” “Allahumma-Fadz-Nii Min Baini Yadayya Wa Min Khalfi Wa ‘An Yamini Wa ‘An Syimali Wa Min Fauqi. Wa A-‘Uudzu Bi ‘Adzmatika An-Ughtaala Min Tahtii.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon ampunan-Mu dan bebaskanlah aku dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon ampunan kepada-Mu agar terhindar dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku. “ “Ya Allah, lindungilah auratku dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari arah muka, belakang, kanan, kiri dan dari atasku, dan aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku.”

4. Doa Agar Suami Selamat Dunia dan Akhirat

 اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Latin: “Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan Dir Rizqi, Wa Taubatan Qòblal Maut, Waròhmatan Indal Maut, Wa Maghfiròtan Ba’dal Maut. ” “Allahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaròòtil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal Hisab.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.” “Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab."

5. Doa Agar Suami Selamat dari Marabahaya

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Latin: “Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan. Aku berlindung kepada-Mu dari lemah dan kemalasan. Aku berlindung kepada-Mu dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan orang.” Itulah doa istri untuk rezeki suami yang bisa diamalkan. Sesungguhnya, rezeki untuk suami tidak hanya berupa harta yang melimpah. Melainkan juga keselamatan dunia dan akhirat.
 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network