Baduy Dilanda Banjir dan Longsor hingga Jembatan Hanyut, PUB Lebak Siap Turun Bawa Bantuan

Epul Galih
Pos masuk ke Baduy di Kampung Cijahe terdampak banjir, Minggu (11/9/22) Istimewa

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Perkumpulan Urang Banten (PUB) Kabupaten Lebak akan melaksanakan cek TKP sekaligus aksi sosial untuk bencana di wilayah Baduy, Lebak, Banten.

Diberitakan sebelumnya, Sungai Cibarani meluap dan menyebabkan banjir. Selain itu, terjadi longsor merusak rumah warga dan jembatan di Baduy juga hanyut pada Minggu,  (11/9/2022).

Ketua Perkumpulan Urang Banten (PUB) Kabupaten Lebak, Drs H. Pepep Faisaludin mengatakan bahwa usai menerima informasi dari berbagai sumber termasuk BPBD Leuwidamar maka didapatkan data terdampak Banjir Baduy sebagai berikut :

Kerusakan Jembatan Penyebrangan ;

1. Jembatan CiJahe.

2. Jembatan Cikeusik.

3. Jembatan Cibeo.

Sedangkan rumah terendam banjir Kampung Pamoean setinggi matakaki orang dewasa sekitar 20 centimeter, terdapat sejumlah 9 Rumah terdampak. Kemudian akibat longsoran berada di Kampung Cibogo, Desa Kanekes sebanyak 2 rumah rusak  yakni rumah Ayah Jarsah, dan Ayah Arsiti.

"Besok Senin 12 /9/2022 kami bersama Tim Tanggap darurat dari PUB Lebak akan terjun langsung ke lapangan dalam upaya inventarisir Kebutuhan darurat yang bisa kita bantu sesuai kemampuan yang kita bisa," ujar Ketua PUB Lebak Drs. Pepep Faisaludin, Minggu (11/9/22).

Ia menyebut hal ini adalah wujud dari kesesesuaian dengan salah satu Jargon PUB (Sisieur Sabeunyeur) sebagai wujud kepedulian urang Banten kepada masyarakat Banten.

Pada kesempatan terpisah Sekum PUB lebak ki Dede Sudiarto mengatakan sebelumnya di hari besok tanggal 12 ada 2 agenda di PUB Lebak yang juga merupakan program Sosial dan Kesehatan.

"Jadi dengan adanya musibah banjir ini kita akan fokuskan dahulu ke kejadian urgen bencana banjir. Malam ini kita sudah persiapkan tim PUB untuk berangkat besok ke lokasi. Mudah-mudahan semua berjalan lancar dan dalam lindungan Allah SWT. Aamiin..," katanya.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network