Charles III Resmi Dinyatakan Sebagai Raja Baru Inggris di Istana St James di London

Ahmad Islamy Jamil
Raja Charles III menyampaikan pidato di hadapan Dewan Aksesi Kerajaan Inggris, pascapengumumannya secara resmi sebagai raja baru Inggris di Istana St James, London, Sabtu (10/9/2022). (Foto: Reuters)

LONDON, iNewsPandeglang.idRaja Charles III secara resmi dinyatakan sebagai pemimpin baru monarki Inggris di Istana St James di London, Sabtu (10/9/2022).

Pengumuman itu disahkan oleh Dewan Aksesi Kerajaan Inggris. Sky News melansir, Dewan Aksesi terdiri atas anggota keluarga kerajaan, termasuk Pangeran William dan Permaisuri Camilla. Bersama dengan politisi senior dan Uskup Agung Canterbury, mereka menandatangani proklamasi raja baru Inggris dalam sebuah upacara yang disiarkan oleh stasiun televisi.

Pada Kamis (8/9/2022) malam, Istana Buckingham mengumumkan bahwa Ratu Elizabeth II wafat di kastil Balmoral di Skotlandia pada usia 96 tahun. Putra tertua Elizabeth, Pangeran Charles, secara otomatis menjadi raja baru Inggris setelah kematian sang ratu.

Kendati demikian, upacara pengumumannya baru berlangsung pada Sabtu ini, atau tiga hari setelah meninggalnya Elizabeth, di Istana St James di London, sesuai tradisi di Inggris. Prosesi itu ditunda karena kematian Ratu Elizabeth II diumumkan pada Kamis malam.

Ratu Elizabeth II telah memimpin Inggris selama lebih dari 70 tahun, dan mencatat rekor sebagai penguasa terlama di Eropa sepanjang sejarah modern.

 



Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network