5 Tokoh Indonesia yang Masuk Daftar Bergengsi di Dunia, Ada Liliyana Natsir hingga Sri Mulyani

Ajeng Wirachmi, Tim Litbang Okezone
5 tokoh Indonesia yang masuk daftar bergengsi di dunia, Liliyana Natsir termasuk. PBSI

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Indonesia memiliki sederet tokoh tenar yang masuk dalam berbagai daftar bergengsi di dunia.

Mereka datang dari berbagai macam latar belakang, termasuk atlet dan pengusaha.

Berikut adalah 5 tokoh Indonesia yang masuk dalam daftar bergengsi di dunia, yang berhasil dirangkum tim Litbang MPI.

1. Robert Budi Hartono dan Michael Hartono

Robert Budi Hartono merupakan orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan sebesar USD23,2 miliar.

Menyusul di posisi ke-69, ada saudara kandungnya, Michael Hartono yang memiliki kekayaan USD22,3 miliar.

Keduanya memegang sebagian besar saham di Bank Central Asia dan pemilik Djarum, sebuah perusahaan rokok terkenal di Indonesia.

2. Rudy Hartono

Selanjutnya, ada legenda bulu tangkis Indonesia sekaligus dunia, Rudy Hartono. Rudy Hartono berhasil mencatatkan namanya sebagai pemegang gelar kejuaraan All England terbanyak, yakni 8 gelar.

Pria kelahiran Surabaya, 18 Agustus 1949 ini masuk pelatnas bulu tangkis di tahun 1965. Juara All England pertamanya ia raih di tahun 1968, disusul 6 edisi berikutnya hingga tahun 1974.

Sejarah mencatat, Rudy terakhir kali menjuarai All England di tahun 1976 dengan mengalahkan rekan senegaranya, Liem Swie King di final.

Selain All England, Rudy juga berhasil menjadi juara dunia di tahun 1980. Ia masuk dalam jajaran Hall of Fame BWF pada tahun 1997.

3. Liliyana Natsir

Liliyana Natsir atau akrab disapa Butet merupakan atlet bulu tangkis Indonesia yang baru saja masuk dalam Hall of Fame BWF.

Melansir laman resmi BWF, nama pemain nomor ganda campuran itu resmi masuk Hall of Fame pada 18 Juni 2022, bertepatan dengan turnamen Indonesia Open 2022.

Prestasi Butet sudah tidak perlu diragukan lagi dalam dunia bulu tangkis. Ia berhasil meraih medali emas Olimpiade Rio, Brasil pada tahun 2016 bersama Tontowi Ahmad.

Butet juga menjadi satu-satunya pemain putri yang berhasil menjuarai kejuaraan dunia sebanyak 4 kali dengan pasangan berbeda, yakni Nova Widianto dan Tontowi Ahmad.

4. Sri Mulyani

Tokoh Indonesia lain yang kerap disorot dunia dan masuk dalam daftar bergengsi adalah Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Diketahui, dirinya menjadi perempuan Indonesia sekaligus orang pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia di tahun 2010.

Namanya pun semakin dikenal dan diperhitungkan di kancah internasional. Perempuan bernama lengkap Sri Mulyani Indrawati itu pernah diganjar sebagai Menteri Keuangan terbaik se-Asia pada tahun 2006 oleh Emerging Markets.

Melansir laman Kemenko Perekonomian, penghargaan itu diberikan di sela-sela sidang tahunan Bank Dunia dan IMF yang digelar di Singapura.

Selanjutnya, Sri juga masuk dalam daftar 23 wanita paling berpengaruh di dunia menurut majalah Forbes tahun 2008.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network