3 Amalan di Hari Jum’at Bagi Wanita

Rekha Rakhma
Ilustrasi

Pandeglang, iNewsPandeglang.id - Hari Jum'at merupakan hari istimewa dan banyak melipatgandakan pahala bagi siapa saja yang mengerjakan amalan-amalan hari Jum'at beserta ibadah lainnya. 

Selain diwajibkan mengerjakan sholat Jum'at bagi kaum Adam, di hari Jum'at juga banyak amalan yang bisa dilakukan oleh kaum Hawa. 

Ada 3 amalan ini mudah dan hakikatnya dapat dilakukan setiap hari, namun menjadi istimewa jika dilakukan di hari penuh berkah ini.

1. Shalawat

Dari Abi Umamah bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Perbanyaklah kalian membaca shalawat kepadaku setiap hari Jumat, barang siapa yang paling banyak membaca shalawat atasku, maka dia paling dekat kepadaku kedudukannya.”

2. Membaca Surat Al Kahfi

Jika ingin mencari ketenangan hati dan mendapatkan cahaya di hari kiamat kelak, maka bacalah surat Al Kahfi di hari Jum'at. Selain itu, dipelihara dari fitnah Dajjal.

Rasulullah Saw bersabda:

Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua Jumat”.( HR. Hakim)

3. Berdoa

Berdoa dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, namun hari Jumat merupakan hari di mana doa-doa para hamba Allah dikabulkan. Karena itu, Muslim/Muslimah dianjurkan memperbanyak doa di waktu-waktu mustajab yakni setelah sholat Jum'at dan setelah Ashar.

Rasulullah Saw bersabda:

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jumat lalu ia bersabda, Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR. Bukhari no. 935 dan Muslim no. 852, dari sahabat Abu Hurairah).

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network