Jemaah Haji Mulai Kirim Oleh-oleh Lewat Jasa Kargo Pengiriman Sampai 2 Bulan

Madani Prasetia
Oleh-oleh yang dkirim jemaah haji Indonesia (foto: MPI)

MAKKAH, iNews.id – Jemaah haji Indonesia mulai mengirim oleh-oleh dari Tanah Suci ke kampung halamannya lewat kargo. Pengiriman barang butuh waktu cukup lama hingga 2 bulan karena menggunakan kapal laut. 

Meski memakan waktu 2 bulan sampai ke Indonesia, jemaah haji tetap mengirim oleh-oleh khas Arab Saudi lewat kargo. Hal ini dilakukan agar mereka tidak kesulitan membawa oleh-oleh saat naik pesawat.

"Oleh-olehnya bukan barang yang cepat basi, seperti baju, rantang dan lain-lain," ujar Rasdiana, jemaah haji asal Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, ditemui Media Center Haji (MCH) di Makkah, Senin (4/7/2022).

Rasdiana harus merogoh kocek sekira 400 Riyal untuk ongkos kirim sampai ke Pinrang, karena oleh-oleh yang dia kirim seberat 37 kg.

"Kita beli di sini cari berkahnya Tanah Suci," ujar Rasdiana. 

Menurut petugas kargo, Ali Jufri, sejak pandemi Covid-19 tidak ada lagi pengiriman lewat udara dengan pesawat. Dia menjamin barang yang dikirim via laut akan sampai langsung ke rumah. 

Bisnis kargo yang digeluti Ali bukan untuk musim haji saja. "Juga biasa mengirimkan barang dari TKI ke Tanah Air," ujar Ali.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network