get app
inews
Aa Read Next : Penyelamatan Keren Maarten Paes! Kiper Timnas Indonesia Masuk Nominasi Terbaik MLS 2024

Timnas Indonesia Berpeluang Naik ke Posisi 2 Klasemen Piala Dunia 2026, Asal Penuhi Syarat Ini!

Selasa, 22 Oktober 2024 | 16:39 WIB
header img
Timnas Indonesia siap menghadapi tantangan besar di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda berpeluang naik ke posisi 2 Grup C jika berhasil menang melawan Jepang dan Arab Saudi serta memenuhi syarat lainnya. Foto: X/TimnasIndonesia

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Timnas Indonesia berpeluang besar membuat kejutan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Meski saat ini berada di posisi bawah klasemen Grup C, skuad Garuda ternyata masih memiliki kesempatan untuk naik ke posisi kedua dan lolos otomatis ke Piala Dunia 2026. Namun, untuk mewujudkan hal ini, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi dalam laga-laga berikutnya.

Timnas Indonesia masih memiliki dua pertandingan tersisa di fase ketiga kualifikasi Grup C, yaitu menghadapi raksasa Asia Jepang pada 15 November 2024, serta lawan tangguh lainnya, Arab Saudi, pada 19 November 2024. Jika berhasil meraih kemenangan dalam kedua laga tersebut, koleksi poin Indonesia akan bertambah menjadi sembilan dari enam pertandingan. Namun, kemenangan saja tidak cukup. Shin Tae-yong dan anak asuhnya juga harus berharap hasil pertandingan lain berjalan sesuai skenario.

Pada matchday kelima, di luar laga Indonesia melawan Jepang, ada dua pertandingan lain yang turut menentukan nasib Indonesia. Pertama, pertandingan antara Australia dan Arab Saudi, di mana hasil imbang menjadi skenario yang paling diharapkan Indonesia. Kemudian, laga antara Bahrain melawan China juga diharapkan berakhir imbang. Meski terkesan sulit, bukan tidak mungkin skenario ini terjadi mengingat kedua tim lawan dikenal mampu tampil solid saat berada di bawah tekanan.

Selain itu, untuk melengkapi jalan menuju posisi kedua klasemen, pada matchday keenam Indonesia juga perlu hasil menguntungkan dari laga Jepang kontra China, di mana kemenangan Jepang di markas China akan membantu memperlebar jarak poin. Di saat yang sama, hasil imbang dalam laga Bahrain melawan Australia juga menjadi kunci agar Indonesia bisa mengamankan posisi kedua di klasemen.

Jika semua skenario ini berhasil terjadi, maka klasemen sementara Grup C akan berubah secara signifikan dengan posisi sebagai berikut:

1. Jepang: 13 poin (main 6)
2. Indonesia: 9 poin (main 6)
3. Australia: 7 poin (main 6)
4. Bahrain: 7 poin (main 6)
5. Arab Saudi: 6 poin (main 6)
6. China: 4 poin (main 6)

Pelatih Shin Tae-yong sendiri sempat menyatakan target realistis Timnas Indonesia adalah finis di posisi keempat. Namun, dengan kualitas permainan yang terus meningkat, tak menutup kemungkinan skuad Garuda dapat membuat kejutan dan finis di dua besar. Tentu saja, keberhasilan ini akan menjadi pencapaian bersejarah bagi sepak bola Indonesia, yang selama ini selalu berjuang keras di kualifikasi Piala Dunia.

Menarik untuk melihat bagaimana Timnas Indonesia akan tampil dalam dua laga penting tersebut, serta apakah skenario yang dibutuhkan untuk naik ke posisi kedua klasemen dapat terwujud. Dukungan penuh dari para suporter Tanah Air tentunya akan menjadi suntikan semangat tambahan bagi Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan untuk terus berjuang mewujudkan mimpi berlaga di Piala Dunia 2026.

Artikel ini telah tayang di sini

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut