get app
inews
Aa Read Next : Aksi Heroik Alumni SD Senangsari: Bongkar Segel Kelas yang Bikin Murid Terpaksa Belajar di Luar

Berawal dari Hobi, Warga Pandeglang Sukses Ternak Kelinci dengan Omzet Belasan Juta!

Rabu, 02 Oktober 2024 | 13:28 WIB
header img
Muhammad Subhan, peternak kelinci dari Pandeglang, sukses berjualan kelinci dengan omzet 15 juta rupiah per bulan berawal dari hobi memelihara kelinci. Foto iNews/Iskandar Nasution

PANDEGLANG, INewsPandeglang.id - Berawal dari hobi memelihara kelinci, Muhammad Subhan, seorang warga di Kabupaten Pandeglang, Banten, kini berhasil menekuni usaha peternakan kelinci di rumahnya. Usahanya itu telah membuahkan hasil, dengan omzet mencapai belasan juta rupiah per bulan dari penjualan kelinci.

Muhammad Subhan, warga Jalan AMD Lintas Timur, tepatnya di Kelurahan Saruni, Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang, telah berhasil beternak kelinci hanya bermodalkan pekarangan rumahnya. Setiap hari, dirinya menyibukkan diri dengan merawat kelinci-kelinci peliharaannya. "Saya sangat menyukai kelinci, jadi saya memutuskan untuk memelihara dan membesarkannya di rumah," ujarnya saat ditemui belum lama ini

Tanpa pengetahuan dasar tentang cara beternak kelinci, Subhan belajar secara otodidak melalui internet untuk memahami cara memelihara kelinci dengan baik dan benar. "Awalnya, saya tidak tahu apa-apa, tapi dengan membaca dan belajar dari berbagai sumber, saya mulai paham," kata Subhan.

Seiring bertambahnya kelinci yang dimiliki, Subhan pun mulai berinisiatif untuk menjualnya, menawarkan kepada teman dekatnya dan melalui media sosial dengan harga mulai dari Rp150 ribu untuk anakan hingga Rp500 ribu untuk indukan per ekor. "Saya mulai menjual kepada teman-teman dan mempromosikannya di media sosial, dan ternyata banyak yang tertarik," jelasnya.

Ia mengungkapkan bahwa saat ini ada sebanyak 16 jenis kelinci yang ia pelihara dan dikembangbiakkan, mulai dari kelinci Anggora, Lion Rek, Mini Rek, Fuzi, Love, Lion Head, dan masih banyak lainnya. "Saya sangat senang bisa memelihara berbagai jenis kelinci ini. Pendapatan saya dalam menjual kelinci tersebut setiap bulannya mencapai 15 juta rupiah," tutup Subhan.

Keberhasilan Muhammad Subhan dalam usaha peternakan kelinci menunjukkan bahwa dengan ketekunan dan pembelajaran yang tepat, hobi dapat menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan. Melalui dedikasi dan inovasi, ia telah mengubah passion-nya menjadi peluang bisnis yang tidak hanya bermanfaat bagi dirinya, tetapi juga bagi komunitasnya. Harapannya, kisah sukses ini dapat menginspirasi orang lain untuk mengejar impian dan menjadikan hobi mereka sebagai usaha yang produktif.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut