JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Pemadaman layanan cloud Microsoft mengakibatkan gangguan besar di industri penerbangan global. Bandara-bandara utama di seluruh dunia menghadapi masalah serius, dengan banyak maskapai terpaksa beralih ke proses manual untuk check-in dan pemesanan tiket.
Di India, bandara-bandara utama seperti New Delhi dan Bengaluru mengalami antrean panjang dan check-in yang lambat akibat dampak pemadaman. Maskapai seperti Air India, Vistara, IndiGo, SpiceJet, dan Akasa Air mengumumkan gangguan pada sistem digital mereka dan kesulitan dalam memproses pemesanan ulang atau pengembalian dana.
Air India mengumumkan bahwa "Sistem digitalnya terkena dampak sementara karena pemadaman Microsoft saat ini, sehingga mengakibatkan penundaan," demikian ungkap maskapai tersebut dalam sebuah pernyataan yang dikutip NDTV.
Di Amerika Serikat, maskapai besar seperti Delta, United, dan American Airlines membatalkan penerbangan karena masalah komunikasi yang disebabkan oleh gangguan sistem. Bandara Schiphol di Amsterdam, serta Bandara Eindhoven, juga melaporkan masalah IT serupa.
Di India, Bandara Delhi, Mumbai, Bengaluru, dan Chennai mengalami kekacauan besar. Bandara Delhi berupaya meminimalkan ketidaknyamanan, sementara di Bengaluru, 90 persen penerbangan di Terminal 1 terkena dampak, dan di Bandara Hyderabad, 160 penerbangan juga terpengaruh.
Penumpang di seluruh dunia disarankan untuk memeriksa status penerbangan mereka secara berkala dan bersiap untuk potensi keterlambatan atau pembatalan.
Artikel ini telah tayang di halaman okezone.com dengan judul Microsoft Down, Layanan Bandara Dunia Lumpuh hingga Harus Check-in Manual
Editor : Iskandar Nasution