get app
inews
Aa Read Next : Lanal Banten Tangkap Pelaku Penyelundupan Benih Lobster Ilegal Senilai Rp7 Miliar

Keren! TNI AL Luncurkan 2 Kapal Perang Baru Buatan Dalam Negeri

Jum'at, 12 Juli 2024 | 09:13 WIB
header img
Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut kembali memperkuat armadanya dengan meluncurkan dua kapal perang baru buatan dalam negeri, yaitu KRI Hampala-880 dan KRI Lumba-Lumba-881. Foto Iskandar Nasution

BANTEN, iNewsPandeglang.id - Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut  kembali memperkuat armadanya dengan meluncurkan dua kapal perang baru  buatan dalam negeri, yaitu KRI Hampala-880 dan KRI Lumba-Lumba-881. Acara ini dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali di PT Caputra Mitra Sejati, Banten, pada Jumat 12 Juli 2024.

Kedua kapal, tipe Patroli Cepat (PC) 60 M, akan ditempatkan di Lantamal XI Merauke dan Lantamal XIII Tarakan. Kapal ini dirancang untuk menangani kejahatan di laut dan mendukung keamanan wilayah.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyatakan bahwa dua unit kapal Patroli Cepat 60 M ini, yaitu KRI Hampala-880 yang akan ditempatkan di Satuan Kapal Patroli Lantamal XI Merauke, dan KRI Lumba-Lumba-881 di Satuan Kapal Patroli Lantamal XIII Tarakan, sangat dibutuhkan untuk mengatasi eskalasi kejahatan di laut.

Dengan spesifikasi teknis yang mumpuni, termasuk kecepatan maksimum 24 knots dan dilengkapi dengan persenjataan modern, kapal ini diharapkan dapat melaksanakan berbagai misi dengan efektif. TNI AL juga menegaskan komitmennya untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dalam pembangunan alat utama sistem senjata (Alutsista).

"TNI AL terus berkomitmen untuk melaksanakan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), serta mengurangi produk impor," tegasnya.

Langkah ini diambil guna mendukung pemerintah dalam meningkatkan perekonomian, sekaligus sebagai wujud kemandirian bangsa dalam pemenuhan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) dan meningkatkan peran Indonesia dalam rantai suplai global.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut