get app
inews
Aa Read Next : Awas, Gunung Anak Krakatau Erupsi Kembali, Lontarkan Abu Vulkanik 200 Meter

Gunung Ruang Kembali Meletus, Ratusan Warga Dievakuasi

Jum'at, 19 April 2024 | 21:11 WIB
header img
Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, kembali mengalami erupsi pada sore hari ini sekitar pukul 17.06 WITA. Foto PVMBG

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Gunung Ruang kembali mengalami erupsi memicu evakuasi ratusan warga di sekitarnya. Letusan terjadi pada Jumat, 19 April 2024.

Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, kembali mengalami erupsi pada sore hari ini sekitar pukul 17.06 WITA setelah sebelumnya mengalami erupsi pada tanggal 16 April 2024

Tinggi kolom letusan mencapai 400 meter di atas puncak gunung saat Gunung Ruang meletus pada Jumat, 19 April 2024.. Erupsi ini terjadi setelah gunung tersebut sebelumnya mengalami erupsi pada tanggal 16 April 2024 dan saat ini berstatus level IV atau awas.

“Gunung Ruang mengalami erupsi pada hari Jumat, 19 April 2024. Tinggi kolom letusan teramati ± 400 m di atas puncak (± 1125 m di atas permukaan laut),"tulis Petugas Pos Pengamatan Gunung Api, Julius Rampolii dilansir magma.esdm.go.id.

Kolom abu dari Gunung Ruang teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal yang menuju ke arah selatan. Saat laporan ini disusun, erupsi masih berlangsung, menunjukkan aktivitas vulkanik yang berlanjut.

Sebanyak 838 penduduk yang tinggal di sekitar Gunung Ruang telah dievakuasi ke tempat yang aman dari abu vulkanik. Masyarakat dan pengunjung diminta untuk tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

Masyarakat dan pengunjung dihimbau untuk tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut