get app
inews
Aa Read Next : H-3 Lebaran, Pelindo Regional 2 Banten Terima Kunjungan Menko PMK dan Menhub, Ini yang Dibahas

Pelindo 2 Banten Catat 48.237 Orang dan 37.042 Mobil & Motor Menyebrang ke Sumatera Pagi Tadi

Minggu, 07 April 2024 | 12:50 WIB
header img
Antrean Pemudik sepeda Motor saat akan memasuki kapal di Pelabuhan Ciwandan. Foto iNews/Iskandar Nasution

CILEGON, iNewsPandeglang.id - Sebanyak 37.042 mobil dan sepeda motor telah menyeberang dari Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten menuju Sumatera. Ini mencakup jumlah total kendaraan yang melintasi pelabuhan ini pada Minggi, 7 April 2024 sampai dengan pukul 08.33 WIB pagi tadi.

Data Pelindo 2 Regional Banten per hari ini, tanggal 7 April 2024, sampai dengan pukul 08.33 WIB pagi tadi, jumlah pemudik yang masuk melalui Pelabuhan Ciwandan adalah sebanyak 48.237 orang. Sedangkan untuk kendaraan roda dua, terdapat 33.942 motor. Adapun jumlah kendaraan truk berdasarkan golongan adalah sebagai berikut: 

- Truk golongan III: 14 kendaraan
- Truk golongan IV: 60 kendaraan
- Truk golongan VIB: 1810 kendaraan
- Truk golongan VII: 1216 kendaraan

Total kendaraan yang melintasi pelabuhan, termasuk mobil dan motor, adalah sebanyak 37.042 kendaraan.

Sebelumnya, Sebanyak 23.800 kendaraan roda dua dan 30.414 orang telah diberangkatkan dari Pelabuhan Ciwandan menuju Bakauheni, Lampung sejak Sabtu hingga Minggu malam, atau pada H-3 Lebaran. Meskipun demikian, arus lalu lintas mengalami kemacetan di KM 91 Tol Tangerang-Merak menuju pelabuhan, dengan antrian mencapai 7 kilometer dari Pelabuhan Merak.

Beberapa pemudik mengalami kemacetan saat menuju Pelabuhan Ciwandan, bahkan harus menunggu hingga 3 jam untuk diberangkatkan. Menurut Yuda, seorang pemudik, dia mengalami kemacetan saat menuju Pelabuhan Ciwandan dan bahkan harus menunggu selama 3 jam untuk bisa diberangkatkan. 

Polda Banten melakukan pengalihan arus kendaraan pribadi dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, dengan harapan dapat mengurai kemacetan dan meningkatkan kelancaran kendaraan di jalur tol.

Saat ini, Pelabuhan Ciwandan tidak hanya melayani pemudik kendaraan roda dua, tetapi juga kendaraan pribadi atau roda empat. Upaya ini diharapkan dapat membantu mengatasi antrian panjang dan memastikan kelancaran arus mudik.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut