get app
inews
Aa Read Next : Jumlah Kunjungan Wisata Libur Lebaran di Lebak Melebihi Target, Intip Datanya

H-3 Lebaran, Puluhan Ribu Kendaraan Pribadi di Ciwandan Menyebrang ke Sumatera

Minggu, 07 April 2024 | 09:18 WIB
header img
Kendaraan pribadi saat memasuki Kapal di Pelabuhan Ciwandan. Foto iNews/Iskandar Nasution

CILEGON, iNewsPandeglang.id - Guna memecah antrian panjang di jalur Tol Tangerang-Merak, sejumlah kendaraan pribadi menuju Pelabuhan Bakauheni Lampung diberangkatkan di Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten. Kendaraan roda dua dan roda empat ditempatkan dalam satu buah kapal.

Puncak arus mudik 2024 telah terjadi sejak (6/4) Sabtu hingga Minggu malam, atau pada H-3 Lebaran. Sebanyak 23.800 kendaraan roda dua dan 30.414 orang telah disebrangkan  dari Pelabuhan Ciwandan menuju Bakauheni, Lampung.

Arus lalu lintas mengalami kemacetan di KM 91 Tol Tangerang-Merak menuju pelabuhan, dengan kemacetan hingga mencapai 7 kilometer dari Pelabuhan Merak. Pemudik terjebak kemacetan tersebut akibat lonjakan signifikan jumlah kendaraan menuju Pelabuhan Merak.

Menurut Yuda,  salah seorang pemudik, dia sempat mengalami kemacetan saat menuju Pelabuhan Ciwandan, bahkan harus menunggu selama 3 jam untuk bisa diberangkatkan.

Para pemudik ditempatkan di kantung-kantung parkir agar tidak menumpuk di dalam dermaga.

Polda Banten melakukan pengalihan arus kendaraan pribadi dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, dengan harapan dapat mengurai kemacetan dan meningkatkan kelancaran kendaraan di jalur tol. Saat ini, Pelabuhan Ciwandan tidak hanya melayani pemudik kendaraan roda dua, tetapi juga kendaraan pribadi atau roda empat.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut