get app
inews
Aa Read Next : Coba Bunuh Diri, Siswi SMP di Cikeusik Pandeglang Nekat Lompat dari Jembatan

Jelang Ramadan, Harga Cabai di Pandeglang Tembus Rp100 Ribu Per Kilogram

Sabtu, 24 Februari 2024 | 15:39 WIB
header img
Harga Sembako Terlalu Mahal, Pedagang di Pandeglang Merugi. Foto iNews/Iskandar Nasution

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Jelang Ramadhan, harga berbagai jenis cabai di Pasar Tradisional Badak Pandeglang, Banten, mengalami kenaikan yang sangat drastis. Pasalnya, harga cabai yang sebelumnya hanya di kisaran Rp40 hingga Rp50 ribu per kilogram kini mencapai Rp100 hingga Rp120 ribu  per kilogramnya. Akibatnya, para pedagang mengalami penurunan omset jutaan rupiah dalam sehari karena daya beli masyarakat yang menurun.

Harga berbagai jenis cabai di Pasar Tradisional Badak Pandeglang, Banten, mengalami kenaikan yang sangat drastis. Dari hasil pantauan di sejumlah pasar, harga cabai orange mencapai 100 ribu per kilogram, padahal sebelumnya hanya di kisaran harga Rp40 hingga Rp50 ribu  per kilogram.

Cabai merah keriting saat ini mencapai Rp100 ribu dari sebelumnya dijual dengan harga 40 hingga 50 ribu rupiah per kilogram. Cabai rawit hijau dijual dengan harga 60 ribu rupiah dari sebelumnya hanya di kisaran Rp40 ribu per kilogram. Sedangkan untuk harga tomat saat ini mencapai Rp16 ribu  per kilogram yang sebelumnya hanya Rp8 ribu per kilogram.

Rohim, salah seorang pedagang mengatakan, kenaikan harga jenis cabai dan tomat sudah terjadi sepekan terakhir, dan kenaikan tersebut akibat petani mengalami gagal panen sehingga stok di pasaran berkurang. Dia juga mengaku mengalami penurunan omset, yang biasanya sehari mendapat omset 4 hingga 5 juta, "kini hanya di kisaran Rp2 juta," tuturnya baru-baru ini

Hal serupa juga dikatakan pedagang lainnya, menurutnya banyak pedagang cabai ada yang menjual cabai orange hingga mencapai 100 hingga 120 ribu rupiah per kilogramnya. Kenaikan berbagai jenis cabai sudah berlangsung usai pemilu 2024. Akibat kenaikan tersebut, ia pun mengaku harus mengalami penurunan omset karena turunnya daya beli masyarakat.

Banyak pembeli yang kini hanya membeli cabai seadanya saja, karena mereka harus membeli kebutuhan pokok lainnya. Para pedagang berharap agar pemerintah segera turun tangan untuk mengatasi kenaikan harga tersebut.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut