get app
inews
Aa Read Next : Jalan Dipenuhi Lumpur, Puluhan Sepeda Motor Jatuh Terpeleset di Pandeglang

Heboh Petani Pandeglang Temukan Benda-benda Kuno di Sawah, Ada Kepala Buddha hingga Lonceng!

Jum'at, 09 Februari 2024 | 11:38 WIB
header img
Seorang petani di Kabupaten Pandeglang, Banten, bernama Suryana menemukan benda-benda kuno seperti kepala Buddha, lonceng, dan pecahan keramik saat menggarap lahan pertaniannya di area persawahan. Foto iNews/Iskandar Nasution

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id -  Peristiwa menghebohkan terjadi di Pandeglang ketika seorang petani menemukan berbagai benda kuno, termasuk kepala Buddha dan lonceng, di lahan pertaniannya. Penemuan ini mengundang perhatian banyak orang karena potensi sejarah yang terkandung di dalamnya.

Seorang petani di Kabupaten Pandeglang, Banten, bernama Suryana menemukan benda-benda kuno seperti kepala Buddha, lonceng, dan pecahan keramik saat menggarap lahan pertaniannya di area persawahan.

Petani dari Kampung Selangari, Desa Pandat, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten, ini  tak menyangka akan menemukan benda kuno yang diduga peninggalan masa Hindia Belanda. 

"Beberapa peneliti sempat datang ke umah untuk meneliti barang-barang tersebut," ucap Suryana Jumat (9/2/2024).

 Beberapa benda kuno yang ditemukan Suryana antara lain satu kepala Buddha berukuran kecil, dua lonceng, dan pecahan keramik dengan motif kuno. Ketiga jenis benda kuno tersebut ditemukan Suryana saat hendak menggarap lahan pertaniannya.

Dikisahkan Suryana mawalnya ia menginjak salah satu ujung lonceng yang berada di dasar lumpur, karena penasaran, Suryana kemudian menggali dan menemukan dua lonceng tersebut. Namun, Suryana kemudian menemukan kembali kepala Buddha dan pecahan keramik kuno yang tidak jauh dari lokasi penemuan pertama. Semua benda tersebut kemudian dibawa pulang ke rumah, dibersihkan, dan disimpan.

"Hasil penelitian para peneliti  menyatakan bahwa semua barang yang sayatemukan itu adalah asli peninggalan jaman dulu," pungkasnya.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut