get app
inews
Aa Read Next : Ricuh, Demo Dugaan Sengketa Lahan Geruduk Kantor Camat Panimbang

Demo APDESI di Jakarta, Ribuan Aparat Gabungan Dikerahkan

Rabu, 31 Januari 2024 | 11:59 WIB
header img
Ilustrasi Gedung DPR RI Senayan. Foto dok

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Sebanyak 2.304 aparat gabungan telah dikerahkan menjelang demo Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) pada Rabu, 31 Januari 2024.  Aksi protes ini merupakan tuntutan terhadap revisi Undang-Undang Desa. Untuk menjaga keamanan, aparat akan ditempatkan di sekitar DPR, mencegah massa agar tidak dapat masuk, dan menutup akses jalan tol di depan Gedung DPR

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, menyatakan bahwa pasukan tersebut berasal dari berbagai instansi, termasuk Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, dan instansi terkait.

"Kami melibatkan sekitar 2.304 personel yang berasal dari berbagai instansi, termasuk Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, dan instansi terkait," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

Kapolres Metro Jakarta Pusat menegaskan bahwa pasukan pemadam kebakaran telah disiapkan untuk mengantisipasi aksi pembakaran ban yang mungkin terjadi. Penyesuaian lalu lintas di sekitar DPR akan dilakukan sesuai perkembangan situasi di lapangan.

Apabila massa di depan DPR cukup besar dan tingkat eskalasi meningkat, akan dilakukan penyekatan di Pulau Dua. Seluruh personel yang terlibat diminta untuk bertindak secara persuasif, tidak terprovokasi, dan memprioritaskan negosiasi, pelayanan, serta pendekatan yang humanis.

 Imbauan juga diberikan kepada koordinator lapangan dan peserta aksi agar melaksanakan protes dengan sopan, menghindari perilaku anarkis, dan menjaga keamanan serta ketertiban.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut