get app
inews
Aa Read Next : Ricuh, Demo Dugaan Sengketa Lahan Geruduk Kantor Camat Panimbang

Jelang Imlek, Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Pasar Pandeglang Alami Kenaikan

Rabu, 31 Januari 2024 | 08:05 WIB
header img
Harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Pandeglang mengalami kenaikan menjelang perayaan Imlek 2024. Foto iNews/Iskandar Nasution

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Pandeglang mengalami kenaikan menjelang perayaan Imlek. Kenaikan tersebut disebabkan oleh faktor cuaca buruk dan kurangnya pasokan, terutama pada beras dan sayur mayur seperti cabai merah kriting, bawang putih, dan tomat.

Pantauan di lokasi pada Selasa (30/1/2024) harga sayur mayur seperti tomat, bawang putih, dan cabai merah kriting di Pasar Tradisional Badak, Kabupaten Pandeglang, Banten, juga mengalami kenaikan yang signifikan.

Harga beras yang awalnya Rp12.000  per kilogram melonjak menjadi Rp14.400 per kilogram. Sementara itu, harga cabai merah kriting mencapai 80.000 Rupiah per kilogram dari harga sebelumnya Rp50.000 per kilogram.

Tomat naik menjadi Rp24.000 per kilogram dari sebelumnya Rp12.000 per kilogram, dan bawang putih mencapai Rp40.000 per kilogram dari Rp24.000 per kilogram.

Pedagang beras, Nurman, menyatakan bahwa kenaikan harga beras telah berlangsung selama sebulan terakhir, disebabkan oleh faktor cuaca buruk dan pasokan yang minim. " Penyebab kenaikan diduga dari faktor cuaca buruk dan minimnya pasokan," ujarnya 

Sementara pedagang sayur mayur, Aas, menambahkan bahwa kenaikan tidak hanya terjadi pada cabai merah kriting, tetapi juga pada tomat dan bawang putih. Namun, harga sayur mayur seperti bawang merah, cabai rawit, dan wortel masih berada pada harga normal. " Bukan cabai merah kriting saja yang naik tapi juga tomat, bawang putih dan lainnya," tuturnya.

Para pedagang juga mengakui adanya penurunan omset akibat kenaikan harga.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut