get app
inews
Aa Read Next : 2 Pekerja Tambang Batu Bara di Bayah Lebak Masih Terjebak, Lubangnya Ada Gas Asam

Bayah Lebak Hujan Angin, Tugu Romusha Tumbang-Sungai Cimadur Meluap Sempat Merendam Permukiman

Jum'at, 19 Januari 2024 | 22:44 WIB
header img
Bayah Lebak Hujan Angin, Tugu Romusa Tumbang. Foto Istimewa

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Cuaca buruk melanda wilayah Kabupaten Lebak. Hujan deras disertai angin kencang menerjang wilayah Kecamatan Bayah sejak malam sore hari tadi Jumat (19/1/2024). Dilaporkan, satu bangunan bersejarah Tugu Romusa tumbang dan air Sungai Cimadur meluap ke pemukiman penduduk.

Koordinator Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak,  Gagan Suganda mengatakan bahwa pada  Jumat (19/1/2024) sekira pukul 12. 30 WIB  Sungai Cimadur meluap  akibat curah hujan dengan durasi lama dan angin kencang. Akibatnya ada bangunan roboh serta permukiman di bantaran sungai tersebut terendam.

"Iya betul, namun sekitar pukul 16.30 WIB sudah surut," ucapnya saat dihubungi.

Dijelaskannya, akibat cuaca buruk tersebut  satu unit rumah Tanto  di Kampung Bayah Tugu, Desa Bayah Barat terendam banjir dan Tugu Romusa  di desa tersebut roboh.

Kemudian ada Masjid di Kamoung Tanggul, Desa Cimancak terendam banjir. Kendati demikian kata Gagan tidak ada korban jiwa. 

"Alhamdulillah korban jiwa tidak ada," pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, Tugu Romusha di Bayah, Lebak, Banten dibangun Tan Malaka di tahun 1946. Tugu Romusha memiliki tinggi kurang lebih 3 meter. Tan Malaka mendirikan Tugu Romusha sebagai kenang-kenangan warga yang tewas lantaran romusha di zaman penjajahan Jepang.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut