get app
inews
Aa Read Next : 2 Pekerja Tambang Batu Bara di Bayah Lebak Masih Terjebak, Lubangnya Ada Gas Asam

Hujan Deras Sebabkan Tanah Longsor di Beberapa Titik di Cibeber Lebak, 1 Rumah Tertimpa Longsoran

Jum'at, 19 Januari 2024 | 16:48 WIB
header img
Akses jalan ke wisata Gunung Luhur Longsor. Foto Istimewa

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Hujan deras telah menyebabkan tanah longsor di beberapa titik di Kecamatan Cibeber, Lebak, Banten. Dilaporkan sebuah rumah warga Kampung Cibereum, Desa Cibeber, Lebak, Banten rusak parah akibat tertimpa longsoran Tanggul Penahan Tanah (TPT).

Peristiwa itu bermula hujan deras dalam waktu lama pada Jumat (19/1/2024) sekitar pukul 05.20 WIB.

Kepala Desa Cibeber, Jalu Harto mengatakan pemilik rumah tersebut bernama Suhemid  mengalami kerusakan akibat TPT yang longsor dan menimpa rumah tersebut.

"Rumah Suhemid rusak parah sebagian dinding dan atapnya akibat longsor tertimpa TP," ujarnya saat dihubungi.

Ia menjelaskan, dalam kejadian ini yidak ada korban jiwa. Meskipun begitu, kerusakan yang cukup parah pada dinding dan atap rumah milik Suhemid tentu menimbulkan kerusakan cukup parah.

Tindakan pihak desa sudah melaporkan kejadian ini ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak . Upaya relawan BPBD Kecamatan Cibeber  saat ini  dan bantuan dari warga sekitar sedang melakukan pembersihan puing-puing rumah yang ambruk tersebut.

Sementara itu ditempat lainnya, akses menuju wisata Gunung Luhur di Kampung Ciusul, Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten tertimbun longsor pada Jumat, 19 Januari 2024. Longsor tersebut terjadi di ruas Jalan Cipanas-Warungbanten dan ruas jalan Cipanas-Warungbanten lama membuat jalan tersebut terputus

Selain itu, longsor juga terjadi di pertambangan emas milik PT SBJ di Blok Cipicung, Kampung Cikoneng, Desa Warung Banten, Kecamatan Cipeber Kabupaten Lebak. Dalam video beredar disebut-sebut longsor yang menyebabkan jalan putus, air dan lumpur memenuhi tempat pembuangan yang mengalir ke Sungai Cidikit.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut