get app
inews
Aa Read Next : 2 Pekerja Tambang Batu Bara di Bayah Lebak Masih Terjebak, Lubangnya Ada Gas Asam

Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Bayah Banten, Warga Lebak Sempat Panik

Rabu, 03 Januari 2024 | 09:07 WIB
header img
Gempa bumi mengguncang Bayah Lebak, Banten, Rabu (03/01/2024). (Fot ilustrasi iNews)

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Warga di Kabupaten Lebak, Banten dikejutkan dengan gempa magnitudo 5,9 pada Rabu (3/1/2024). Gempa dirasakan warga di wilayah kabupaten Lebak dan sekitarnya  dengan interval bervariasi.
 
Pusat gempa 72 kilometer barat daya Bayah, Lebak, Banten dengan kedalaman 74 kilometer. Hal itu disampaikan Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banten wilayah 2 gempa terjadi pada pukul 07.53 dan tidak berpotensi tsunami.

Lamin, salah seorang warga Desa Kandangsapi, Kecamatan Cijaku, Lebak, Banten mengatakan, warga sempat merasakan dan kaget. Apalagi pada kenyataanya, saat terjadi gempa dikampungnya sedang di tempat pesta hajatan.

Menurutnya, warganya merasa agak panik, tapi secara umum, situasinya biasa saja. Mereka sedang berada di hajatan. Tidak ada kerusakan yang signifikan, hanya beberapa genteng yang jatuh. 
 
" Ya, biasa saja, cuma agak panik sedikit. Kita ini agi di tempat hajatan. Cuma pada keluar semua. Kerusakan gak ada cuma ada sedikit doang, genteng yang jatuh satu, hingga  tiga,, aktivitas normal lagi sebentar aja" ucapnya saat di lokasi.

Menurut BMKG gempa Bayah magnitudo 5,9 ini dirasakan di wilayah Sukabumi dan Surade IV MMI. Di Pelabuhan Ratu, Cianjur, Panggarangan, Lebak, Tanjung Lesung, Kota Sukabumi dan Garut III MMI. Di Lembang, Cianjur, Soreang, Cibabat, Cimahi, Bandung Barat dan Kota Bandung II-III MMI. Di Purwakarta, Bogor, Tangerang Selatan, Depok dan Jakarta Pusat II MMI.

BMKG mengimbau untuk hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi. Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan maupun korban. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut