get app
inews
Aa Read Next : Gaji 11 Bulan Belum Dibayar, Ratusan Karyawan Kapal Ferry di Merak Demo Kantor PT PMSP

Penumpang di Lintasan Penyebrangan Merak-Bakauheni pada Natal dan Tahun Baru 2024 Naik 12%

Sabtu, 30 Desember 2023 | 22:42 WIB
header img
Penumpang di Lintasan Penyebrangan Merak-Bakauheni pada Natal dan Tahun Baru 2024 Naik 12%. Foto iNews/Iskandar Nasution

MERAK, iNewsPandeang.id - General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Merak Suharto  menyatakan volume penumpang di Lintasan Penyebrangan Merak-Bakauheni  pada masa Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 menunjukkan kenaikan hampir 12%.

Peningkatan sebanyak 12% dalam data produksi pada angkutan tahun baru dibandingkan dengan tahun sebelumnya (2022) adalah kabar yang positif. Tren peningkatan ini terus berlanjut dan memberikan dampak positif pada layanan angkutan tersebut.

"Kali ini pelabuhan Merak pada angkutan tahun baru, kemarin Natal sudah lewat, angkutan Natal sudah lewat,  sekarang ini angkutan tahun baru dan kondisi pelabuhan di Dermaga Utama Merak ini kondisinya ramai, lancar, dan Alhamdulillah cuaca  juga dalam keadaan baik, mudah-mudahan seterusnya, cuaca baik," ucapnya kepada wartawan saat ditemui di Dermaga Ekskutif Pelabuhan Merak. Sabtu (30/12/2023).

Total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H-7 hingga H+4 tercatat 519.654 orang atau naik 8% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 481.813 orang. Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 118.859 unit.

"Untuk data produksi, kalau kita dibandingkan dengan tahun yang lalu, tahun 2022, pada angkutan tahun baru ini, khususnya dari H-7 sampai H-4 itu mengalami kenaikan 12% dibanding tahun yang lalu, ujarnya.

Suharo berujar, pihaknya mengimbau untuk membeli tiket secara online jauh-jauh hari sebelum keberangkatan adalah langkah yang baik untuk memastikan kelancaran perjalanan. Ini juga membantu mengelola penumpang dan meminimalkan ketidaknyamanan. 

Mencantumkan nama penumpang dan nomor kursi yang sesuai dengan yang dibawa adalah langkah yang penting untuk kesesuaian manifest. Hal ini tidak hanya membantu kelancaran administratif, tetapi juga memastikan perlindungan asuransi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Suharto menuturkan,  bahwa angkutan Nataru cenderung mengalir lancar tanpa mencapai tingkat padat puncak. "Jadi kalau ini memang ada perbedaan antara angkutan Nataru dengan angkutan Lebaran," tuturnya

Pada angkutan Nataru ini emang sulit memprediksi arus balik dan mudik dengan pasti. Semoga kelancaran dan keamanan tetap terjaga selama musim Nataru, baik dari Merak maupun Bakauheni.  "Ya, jadi balik dan mudik itu kami tidak bisa memprediksi secara pasti. Karena begini, ketika kemarin sebelum Nataru, itu ada yang bolak-balik dari Bakauheni maupun dari Merak," pungkasnya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut