get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Perbedaan UVA dan UVB serta Dampaknya Pada Kulit Wajah

Ini Dia 7 Vitamin dan Nutrisi yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Minggu, 24 Desember 2023 | 11:19 WIB
header img
Ini Dia 7 Vitamin dan Nutrisi yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak (Dok Istimewa)

PANDEGLANG, iNewsPandeglang, id - Kali ini orang tua perlu sekali memperhatikan asupaan terhadap anak, untuk meningkatkan daya ingat serta kecerdasannya. 

Maka dari itu artikel ini akan memberikan informasi menganai 7 vitamin dan nutrisi yang dapat meningkatkan kecerdasan otak anak di usia dini. 

Kecerdasan anak tak cuma bergantung pada kemampuannya dalam belajar, tapi juga oleh asupan yang didapat sejak kecil. Nutrisi dan vitamin sendiri sangat berperan dalam perkembangan otak si kecil.

Penasan dengan apa saja, simak yuk di bawah ini serta manfaat dan khasiat yang ada di dalamnya. 

Berikut Adalah 7 Vitamin dan Nutrisi yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Sebenarnya ada banyak vitamin dan nutrisi yang dapat meningkatkan otak anak, namun kali ini kami akan memberikan beberapa saja. 

Simak yuk selengkapnya di bawah ini!

Menurut laporan Forbes Health, minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang memiliki peranan penting dalam perkembangan otak anak. 

Selain itu, senyawa ini juga memiliki manfaat lain, seperti mengurangi peradangan di tubuh dan otak, serta menjaga fungsi kognitif agar tetap optimal.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D memiliki peran penting dalam perkembangan otak sejak usia dini. Kekurangan vitamin D juga telah dikaitkan dengan kondisi seperti autisme.

Kamu dapat mendorong anak untuk rajin berjemur di bawah sinar matahari pagi yang sehat. Namun, penting untuk tetap menggunakan tabir surya guna melindungi kulit dari paparan sinar UV berlebihan.

Selain berjemur, Kamu juga dapat memberikan asupan vitamin D kepada anak melalui makanan, seperti ikan berlemak seperti salmon. Susu dengan kandungan vitamin D yang baik untuk kesehatan.

  • Kolin 

Telur merupakan sumber alami kolin. Kolin adalah zat gizi yang penting karena membantu otak dalam produksi asetilkolin. Asetilkolin sendiri adalah neurotransmitter yang dibutuhkan untuk menjaga daya ingat dan fungsi kognitif yang baik.

  • Magnesium 

Magnesium memiliki pengaruh terhadap kemampuan otak, termasuk kemampuan untuk tetap fokus. Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan magnesium dapat terkait dengan gangguan kognitif.

Sumber magnesium dapat ditemukan dalam berbagai makanan nabati dan hewani. Beberapa contohnya adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  • Vitamin E

Asupan vitamin E dapat mempengaruhi kemampuan mengingat, melihat, mendengar, serta pembelajaran anak. Vitamin E dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan seperti telur, kacang almond, dan brokoli.

  • Zat Besi 

Seperti vitamin B6, zat besi juga memiliki peran dalam proses produksi dopamin. Berdasarkan beberapa sumber dan beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara kadar zat besi yang rendah pada anak-anak dengan gangguan attention deficit disorder (ADD) dan attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD).

  • Vitamin B 

Tentunya semua jenis vitamin mempunyai peran penting dalam pertumbuhan anak, namun Vitamin B6 dan B12 menjadi dua hal yang snagat penting. 

Bahkan Vitamin B dapat berfungsi memproduksi dopamin yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan fokus belajar anak.

Itulah beberapa Vitamin dan nutrisi yang dapat kami informasikan, semoga bermanfaat. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut