get app
inews
Aa Read Next : ASDP Sebut Sabtu 6 April Jadi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak

H-6 Nataru 2023, Ribuan Pemudik Padati Pelabuhan Merak

Rabu, 20 Desember 2023 | 16:36 WIB
header img
Peningkatan jumlah penumpang kapal menjelang H-6 libur Natal dan Tahun Baru 2023 di Pelabuhan Merak, Banten. Foto iNews/Iskandar Nasution

MERAK, iNewsPandeglang.id - Peningkatan jumlah penumpang kapal menjelang H-6 libur Natal dan Tahun Baru 2023 di Pelabuhan Merak, Banten menunjukkan antusiasme dan mobilitas masyarakat yang tinggi dalam merayakan momen liburan tersebut. Kondisi ini dapat memengaruhi aktivitas transportasi laut dan menunjukkan animo masyarakat untuk melakukan perjalanan selama musim liburan.

Data ASDP menyebutkan hari ini Rabu (20/12/2023)  telah menyeberangkan kendaraan 8114 unit dengan rincian sepeda motor 602 unit, mobil pribadi 3694 unit, bus 344 unit dan truk ekspedisi 3474 unit.

Pantauan di lokasi pada Rabu siang, kondisi kepadatan kendaraan pribadi yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera di arear parkir dermaga eksekutif terlihat di penuhi oleh kendaraan yang menunggu giliran naik kapal atau menunggu kedatangan kapal. Ini tentu untuk situasi ke depannya dapat menyebabkan peningkatan lalu lintas dan perlu perencanaan yang baik untuk mengantisipasi kepadatan arus.
 
General Manager ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Suharto mengatakan, untuk menyambut libur Natal dan Tahun Baru pihaknya telah menyiapkan berbagai hal seperti persiapan pelayanan dan kelayakan kapal.

"Jika terjadi lonjakan penumpang kapal, Pelabuhan Pelindo Regional 2 Banten (Pelabuhan Ciwandan) akan kembali disiapkan untuk melayani angkutan penyeberangan penumpang,  namun untuk tahun ini kendaraan roda dua tetap akan diseberangkan dari Pelabuhan Merak, Banten," ujarnya.

Dermaga reguler juga terpantau ramai oleh truk ekspedisi karena pada 22 Desember 2023 lebih mengutamakan pemudik Nataru. Saat ini ASDP  mengoperasikan 32 kapal dengan tujuh dermaga, dan agar tidak terjadi antrian yang parah diberlakukan bongkar muat kapal di dermaga dipercepat.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut