get app
inews
Aa Read Next : ASDP Sebut Sabtu 6 April Jadi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak

Jelang Nataru, Penumpang Kapal di Pelabuhan Merak Terpantau Mulai Ramai

Selasa, 19 Desember 2023 | 08:41 WIB
header img
Kondisi penumpang di Pelabuhan Merak Menjelang Natal dan Tahun Baru 2023 pada Selasa (19/12/2023). Foto iNews/Iskandar Nasution

MERAK, iNewsPandeglang.id - Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru)  2023, jumlah penumpang kapal penyeberangan di Pelabuhan Merak, Banten mulai ramai. Ramainya penumpang kapal di Pelabuhan Merak, Banten menjelang liburan Natal dan Tahun Baru 2023 bisa disebabkan oleh lonjakan perjalanan masyarakat yang ingin merayakan momen tersebut di destinasi yang berbeda atau bersama keluarga di kampung halaman. 

Dari pantauan di lokasi pada Selasa (19/12/2023) pagi  jumlah penumpang kapal di Pelabuhan Merak  terlihat mulai ramai,  seperti terlihat di Dermaga Eksekutif, para penumpang kapal asal Bakauheni, Lampung tiba di Pelabuhan Merak. 

Mereka berencana untuk mengisi liburan di Pulau Jawa setelah menyeberang dari pulau Sumatera. Untuk kelancaran arus mudik di masa libur natal dan tahun baru tahun 2023 ini PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mempersiapkan 7 dermaga yakni 6 dermaga reguler dan 1 dermaga eksekutif. 

Sebelum memasuki dermaga, dilakukan persiapkan screening tiket  di rest area di kilometer 43 dan kilometer 68. Sebanyak 63 kapal roro juga dinyatakan siap menyeberangkan penumpang dari Pelabuhan Merak dan begitu juga sebaliknya. Jika terjadi lonjakan penumpang, Pelabuhan Ciwandan, Cilegon akan disiapkan untuk melayani angkutan penyeberangan.

Suharto, General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak menyatakan bahwa untuk menyambut libur natal dan tahun baru, pihaknya telah menyiapkan berbagai hal seperti persiapan pelayanan dan kelayakan kapal.

"Jika terjadi lonjakan penumpang kapal, Pelabuhan Pelindo Regional 2 Banten atau Pelabuhan Ciwandan akan kembali disiapkan untuk melayani angkutan penyeberangan penumpang. Namun untuk tahun ini kendaraan roda dua tetap akan diseberangkan dari Pelabuhan Merak, Banten," ucapnya.

Badan Usaha Milik Negara di bidang jasa penyeberangan dan pelabuhan terintegrasi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)  memprediksi ada lonjakan penumpang di Pelabuhan Merak pada puncak natal dan tahun baru ( Nataru) 2023.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut