get app
inews
Aa Read Next : Tips Sehat Makan Daging di Momen Idul Adha

Mengenal Ciri-ciri Daging Sapi Terkena Antraks: 86 Warga Yogyakarta Terinfeksi, 1 Meninggal Dunia

Rabu, 05 Juli 2023 | 16:02 WIB
header img
(Foto: Freepik)

Berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul, bahkan terdapat satu korban yang meninggal dunia akibat terinfeksi penyakit antraks setelah mengonsumsi daging sapi yang mati karena sakit.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui dan memahami ciri-ciri daging hewan yang sudah terinfeksi penyakit. Dikutip dari MNC Portal, Rabu (5/7/2023) Daging yang terkena antraks umumnya memiliki warna yang tidak normal, seperti kecokelatan atau kehitaman. Selain itu, daging yang terinfeksi antraks juga dapat memiliki tekstur yang tidak biasa, seperti berlendir atau mengeluarkan cairan yang tidak normal.  Jika Anda mencium bau yang tidak lazim pada daging, sebaiknya hindari mengonsumsinya

Mengenali antraks pada hewan sapi dapat dilakukan dengan memperhatikan tanda dan gejala awal. Hewan sapi yang terkena antraks biasanya mengalami demam tinggi, sakit di bagian pinggang, gelisah, dan kesulitan bernafas.

Sapi yang terinfeksi antraks seringkali mengalami kematian mendadak, dengan adanya ekskreta berupa darah yang keluar dari lubang-lubang seperti hidung, mulut, telinga, dan anus. Selain itu, sapi juga dapat mengalami pembengkakan di area seperti leher, dada, abdomen, dan sekitar kelamin. Beberapa sapi mungkin tidak menunjukkan gejala keluarnya darah, namun bisa mengalami gejala perut kembung, nafas terengah-engah, kejang, dan akhirnya berujung pada kematian.

Pastikan selalu memilih daging yang aman untuk dikonsumsi dengan memperhatikan warna, aroma dan juga tekstur. pilih daging berwarna  merah segar dan tidak ada bau anyir. Pastikan daging tidak mudah hancur saat dipegang atau ditekan.

Antraks jarang menular antarmanusia, tetapi harus tetap waspada karena penyakit ini cukup mematikan, khususnya bagi Anda yang ada di wilayah penyebaran Antraks. Meski demikian, penyakit bisa dicegah dengan memperhatikan tips-tips di atas serta dapat diobati dengan antibiotik dan penanganan yang tepat.

Artikel ini juga telah tayang dihalaman okezone.com dengan judul Ramai Kasus Antraks, Kenali Ciri-ciri Daging Sapi yang Terinfeksi

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut