get app
inews
Aa Read Next : Dinkes Cilegon Galakan Pencegahan DBD dengan Gertak PSN 3M Plus Tiap Jumat

Terjaring Razia, Pengemis Melawan Petugas hingga Jatuh Pingsan

Jum'at, 16 Juni 2023 | 20:05 WIB
header img
Salah seorang pengemis melakukan perlawanan kepada petugas Dinas Satpol PP dan Dinas Sosial Kota Cilegon tejaring razia menolak untuk diamankan sehingga tetap membawanya hingga gepeng itu jatuh pingsan. Foto iNews/Iskandar Nasution

CILEGON, iNewsPandeglang.id - Petugas gabungan dari Dinas Sosial bersama Dinas Satpol PP Kota Cilegon menggelar razia penyakit masyarakat dengan sasaran para gelandangan dan pengemis (Gepeng) di sejumlah titik pusat Kota Cilegon. Saat razia berlangsung hingga ada seorang pengemis jatuh pingsan. 

Pantauan di lokasi pada Jumat (16/6/2023) siang, para pengemis  sudah menjadi incaran petugas lantaran kerap berkeliaran di wilayah tersebut. Mereka melancarkan aksinya meminta-minta ke pengguna jalan, langsung digelandang dan diamankan petugas ke Rumah Dinas Wali Kota Cilegon.

Bahkan salah seorang pengemis melakukan perlawanan kepada petugas, menolak untuk diamankan sehingga petugas tetap membawanya  hingga pengemis itu jatuh pingsan. Akhirnya petugas memulangkanya ke rumah berdasarkan identitas milik pengemis.


Petugas mengamankan para pengemis melancarkan aksinya meminta-minta ke pengguna jalan, langsung digelandang ke Rumah Dinas Wali Kota Cilegon. Foto iNews/Iskandar Nasution
 

Tak hanya itu, petugas juga mendapati para pengemis yang meminta-minta dengan menggendong bayi untuk meraih belas kasihan dari para pengguna jalan.

Kabid Trantibum Dinas Satpol PP Kota Cilegon Faruq Oktavian mengatakan bahwa razia ini dilakukan menindaklanjuti laporan dari masyarakat terkait banyaknya pengemis yang berkeliaran meresahkan masyarakat  meminta-minta usai ribuan jamaah melaksanakan ibadah Salat Jumat di Masjid Agung Nurul Ikhlas.

"Dalam razia ini kami berhasil mengamankan sebanyak 19 orang yang terdiri dari para gelandangan/pengemis hingga manusia silver dan selanjutnya dibawa ke Kantor Dinas Sosial Kota Cilegon untuk dilakukan pembinaan," ujarnya.

Sementara Sopandi, Analisis Pelayanan Sosial Dinas Sosial Kota Cilegon mennambahkan, pihaknya akan terus melakukan razia penyakit masyarakat di sepanjang jalur pusat kota agar Kota Cilegon terbebas dari para gelandangan dan pengemis.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut