get app
inews
Aa Read Next : Orangtua Murid Keluhkan Sulitnya Akses PPDB Online Tingkat SMP di Pandeglang

Pengaruh Cuaca, Harga Sayuran dan Daging Ayam Melambung Tinggi di Pandeglang

Minggu, 11 Juni 2023 | 22:07 WIB
header img
Harga Sayuran dan Daging Ayam Melambung Tinggi di Pandeglang, Banten menjelang Hari Raya Idul Adha 2023. Kenaikan harga kebutuhan pokok ini diduga akibat pengaruh cuaca kemarau berkepanjangan di wilayah pemasok. Foto iNews/Iskandar Nasution

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Harga Sayuran dan Daging Ayam Melambung Tinggi di Pandeglang, Banten menjelang Hari Raya Idul Adha 2023. Kenaikan harga kebutuhan pokok ini diduga akibat pengaruh cuaca kemarau berkepanjangan di wilayah pemasok menyebabkan pasokan berkurang di pasaran.

Dari pantauan di lokasi di Pasar Tradisional Kabupaten Pandeglang, harga-harga kebutuhan pokok yang naik di antaranya  bawang merah dan bawang putih yang sebelumnya dijual Rp32 ribu kini menjadi Rp40 ribu per kilogram. Harga Tomat dari Rp10 ribu  menjadi Rp14 ribu per kilogram.

Lalu, harga timun Rp8 ribu kini dijual Rp16 ribu per kilogram, kemiri  dari Rp36 ribu kini menjadi Rp68 ribu per kilogram. Namun harga jenis cabai stabil di kisaran Rp40 ribu per kilogram. Akibatnya kenaikan ini para pedagang terancam rugi karena minimnya pembeli.


Harga daging ayam potong di Pandeglang jelang Idul Adha naik. Foto iNews/Iskandar Nasution

 

Agus salah seorang pedagang bumbu dapur mengatakan bahwa kenaikan harga kebutuhan pokok ini terjadi akibat faktor cuaca kemarau berkepanjangan di wilayah pemasok. "Dampak tersebut menyebabkan pasokan terbatas dan harga melonjak tajam," ujarnya saat ditemui di lapak jualannya Minggu, (11/6/2023).

Akibat kenaikan harga tersebut, Agus pun mengaku sepi pembeli dan omset penjualan menurun hingga 60 persen.

Sementara Andi, salah seorang pedagang ayam mengatakan, tak hanya harga sembako yang naik, harga ayam potong di pasar tradisional di Pandeglang ini pun ikut naik.

"Harga ayam potong kini mencapai Rp38 ribu hingga Rp40 ribu per kilogram biasanya harga daging ayam potong menurun jelang Hari Raya Idul Adha," katanya.

Namun lanjut dia, pada tahun ini malah harga terus melonjak. Akibatnya konsumen pun mengurangi pembeliannya.

Warga berharap pihak pemerintah turun tangan untuk menangani permasalahan tingginya harga kebutuhan pokok saat ini. Mendekati Hari Raya Idul Adha nanti bisa dipastikan harga-harga sulit dijangkau masyarakat akibat tingginya harga yang ditawarkan.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut