get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Kabupaten Kota di Indonesia Bakal Ramaikan Kota Cilegon Bahas Program Sanitasi

KMP Mabuhay Nusantara Tabrak Side Ramp saat Berlabuh di Pelabuhan Merak

Senin, 06 Februari 2023 | 16:38 WIB
header img
KMP Mabuhay Nusantara Tabrak Side Ramp saat Berlabuh di Pelabuhan Merak. Foto Istimewa

MERAK, iNewsPandeglang.id - Kapal Fery KMP Mabuhay Nusantara menabrak bagian side ramp kendaraan pribadi di Dermaga I Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten pada  Senin (6/2/2023) sekitar  pukul 09.50 WIB.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR)  Banten,  Adil Triyanto mengatakan insiden itu terjadi saat kapal hendak bersandar diduga akibat arus angin  kencang di Pelabuhan Merak dan menyebabkan gerak kapal tersebut terganggu.

"Waktu kapal menyerong ke arah kanan dari sisi belakang ada angin dari laut dengan kecepatan 10 knot," ujarnya saat dihubungi.

Kapal masuk alur lanjut dia, dengan kecepatan 4 knot dengan melakukan olah gerak menyandar kanan lantaran terdorong arus dari buritan kanan kapal yang melebar ke kiri.

Menurut Adil, saat akan mepet ke kanan haluan tidak bisa berbelok ke kiri dan akibatnya terjadi tabrakan. “Waktu ditarik mesin kanan, kiri mundur penuh tapi karena masih ada sisa laju kurang lebih 0,8 knot menyebabkan haluan kanan menabrak side ramp Dermaga satu,” kata Adil.

Akibat peristiwa ini, side ramp menjadi condong ke darat dan posisi engselnya patah. Lalu,  rumah side juga rusak serta kaca laut dan darat pecah. 

Meki demikian kata dia, tidak ada kepanikan yang berarti dari peristiwa  ini.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut