get app
inews
Aa Read Next : Viral Kades di Lebak Cekcok Adu Mulut dengan Kapus, Diduga Tolak Rujukan Ibu Hamil

4 Ciri-ciri Janin dalam Kandungan Sehat, Yuk Simak!

Minggu, 04 Desember 2022 | 22:40 WIB
header img
4 Ciri-ciri Janin dalam Kandungan Sehat, Yuk Simak!. Foto: iNews.id

JAKARTA, iNewsPandeglang.id-  Kehamilan adalah masa yang dinanti oleh seorang ibu. Ia akan merasa dekat dengan si buah hati karena masih berada di dalam rahim. Tentu bagi ibu hamil ingi janinnya selalu sehat. Namu banyak Ibu yang mungkin belum memahami perbedaan antara ciri-ciri kehamilan sehat dan tidak sehat. Padahal, kondisi ini penting untuk diketahui sejak awal kehamilan agar Ibu tidak salah dalam memahami perubahan yang terjadi pada tubuh dan janin. 

Ibu akan selalu memberikan nutrisi yang terbaik untuk si janin di dalam kandungan. Meski melakukan yang terbaik, tak jarang ada rasa gelisah tentang kondisi janin.

Apakah janin sehat selama masa kehamilan itu? Tenang, bunda tak perlu khawatir.

Berikut ini beberapa tanda kehamilan dan janin Anda sehat di dalam kandungan yang dihimpun dari Times of India. Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Jantung berdetak

Di minggu kelima, detak jantung bayi sudah mulai terdeteksi. Dokter akan rutin melakukan pengecekan detak jantung bayi dari minggu kelima hingga saat lahiran. Detak jantung janin yang sehat adalah antara 110 hingga 160 per menit

2. Bergerak

Bayi akan mulai bergerak memasuki bulan kelima kehamilan. Pada bulan keenam, bayi akan merespon dengan gerakan setiap kali Bunda memanggilnya atau mengajaknya berbicara. Saat memasuki tujuh bulan kehamilan, janin merespons rangsangan seperti suara, rasa sakit, dan cahaya.

Bayi akan lebih sering menendang saat masuk bulan kedelapan. Namun di bulan kesembilan, ia lebih banyak diam, karena rahim sudah mulai sempit untuknya sebagai tempat bermain.

3. Tumbuh normal

Jika Bunda rutin mengunjungi dokter kandungan, Anda akan tahu kondisi bayi lewat USG. Dari sana dokter akan memberi tahu kondisi terkini bayi di dalam kandungan. Apakah sesuai antara usia dan ukuran si bayi tersebut atau tidak.

4. Posisi bayi

saat usia kehamilan belum memasuki bulan keenam, bayi aktif akan bergerak memutarkan kepalanya ke sana kemari. Namun semakin dengan hari kelahiran, normalnya kepala bayi akan bergerak menuju jalan lahir

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut