get app
inews
Aa Read Next : Viral Kisah Perempuan Menopause di Usia 20-an, Ini Penyebabnya!

Cara Mengatasi Kram Perut saat Menstruasi, Hindari Makanan Tertentu

Kamis, 01 Desember 2022 | 22:14 WIB
header img
Cara Mengatasi Kram Perut saat Menstruasi, Hindari Makanan Tertentu (foto/ist)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id -  Bagi seorang perempuan mengalami mesntruasi adalah hal rutinitas setiap satu bulan sekali, saat menstruasi ada yang mengalami Nyeri saat hari pertama menstruasi yang cukup menyakitkan. Hal ini membuat aktivitas jadi sedikit terganggu.

Memang tidak semua wanita merasakan kram perut saat menstruasi. Namun kebanyakan wanita merasakannya, terlebih dihari pertama atau hari kedua menstruasi.

Kram perut membuat perut terasa panas, nyeri, pedih, hingga sampai lemas. Ini membuat badan tak nyaman, begitu pula dengan suasana hati Anda.

Melansir Bebeautiful, kram terjadi karena otot-otot rahim Anda berkontraksi untuk melepaskan lapisan yang terbentuk. Jadi, saat otot-otot ini bekerja, Anda mungkin mengalami kram yang menyakitkan.

 Kram perut yang ringan umumnya dapat diobati dengan pengobatan rumahan. berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk meredakan kram perut saat menstruasi.

1. Mengkonsumsi teh herbal

Teh herbal tidak hanya menenangkan tetapi juga obat kram menstruasi yang efektif. Menurut ahli gizi, teh herbal tertentu dapat membantu meredakan kram menstruasi, meskipun penelitian tentang hal yang sama masih langka. Untuk nyeri haid, teh chamomile dan peppermint direkomendasikan.

2. Pijat dengan minyak esensial

Melakukan pemijatan dengan minyak esensial aromatik adalah obat kram perut yang bagus untuk menghilangkan rasa sakit. Terapi pijat untuk menstruasi melibatkan penekanan titik-titik tertentu di perut, samping, dan punggung Anda. Selalu encerkan minyak esensial sebelum memakainya.

3. Yoga

Yoga merupakan latihan ringan yang berfungsi sebagai obat kram menstruasi yang efektif. Beberapa pose yoga yang harus Anda coba untuk meredakan kram adalah baddha konasana, balasana, bharadvaja, dan viparita karani. Jangan melakukan pose terbalik, karena dapat mengganggu aliran darah Anda.

4. Gunakan bantal pemanas

Rahim adalah otot, jadi tenangkan seperti Anda menenangkan otot lain dengan memberikannya sesuatu yang hangat. Menggunakan bantal pemanas atau botol air panas adalah obat kram menstruasi yang bermanfaat, dan penelitian juga mendukung klaim ini.

Ini membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh kram. Jika Anda tidak memiliki bantal pemanas, Anda bisa menggunakan handuk panas. Jika mau, Anda juga bisa membuat bantal pemanas sendiri.

5. Hindari makanan tertentu

Saat menstruasi, hindari makanan yang menyebabkan kembung dan retensi air. Di antaranya adalah makanan berlemak, mengandung garam tinggi, alkohol, kafein, dan minuan bersoda.

Jangan minum kopi dan gantiah dengan teh jahe. Selain itu makanlah buah-buahan seperti stroberi atau raspberry.

Itulah 5 cara mengatasi kram perut saat menstruasi, semoga bermanfaat.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut