get app
inews
Aa Read Next : Warga Cihara Lebak Digegerkan Penemuan Jasad Wanita Membusuk di Rumah

Terkuak! Korban Tewas Sekeluarga Mengering di Kalideres, 1 di Antaranya Diduga Anut Aliran Sesat

Selasa, 29 November 2022 | 21:47 WIB
header img
Korban yang tewas Sekeluarga mengering di Kalideres, 1 di antaranya diduga anut aliran sesat. Foto ilustrasi Mayat (okezone)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Korban yang tewas sekeluarga mengering di Kalideres, Jakarta Barat kini mulai terkuak. Polisi menduga, satu di antaranya menganut aliran sesat.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Hengki Haryadi  bahwa korban yang duduga menganut aliran sesat itu atas nama Budiyanto Gunawan. Sebab korban  yakni Budiyanto ada indikasi terhadap aktivitas ritual tertentu.

"Yang bersangkutan ada kecenderungan memiliki sikap positif terhadap aktivitas ritual tertentu yang dominan mengarah kepada almarhum Budiyanto, ujar Hengki kepada wartawan, Selasa (29/11/2022).

Menurut dia,  fakta tersebut  terkuak sesuai  hasil penyelidikan sementara yang melibatkan psikologi forensik yang  dikuatkan dengan temuan di lokasi kejadian.

"Hasil penyelidikan sementara dengan melibatkan tim asosiasi psikologi forensik menemukan ada keindetikan penyelidikan berdasarkan keterangan saksi dan bukti-bukti yang ada di TKP (Tempat Kejadian Perkara),"katanya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengungkapkan, terkait penyebab sekeluarga yang tewas mengering di Kalideres, Jakarta Barat itu  bukanlah keracunan. Fakta itu berdasarkan hasil penyelidikan  yang masih terus dilakukan polisi.

 "Kasus Kalideres itu sementara ini yang bisa disampaikan bahwa dalam penyebab kematian empat orang ini dalam satu keluarga itu tidak ditemukan meninggal karena keracunan," ujar Zulpan, Selasa (29/11/2022). 

Meski dipastikan bukan tewas akibat keracunan, namun Zulpan belum dapat memberikan penjelasan lebih rinci penyebab kematian. Termasuk temuan apa yang diperoleh pihaknya. "Itu nanti para ahli yang sampaikan detail," katanya. 

Zulpan memastikan penyebab kematian bukan akibat keracunan, kekerasan fisik, kelaparan, dan tidak mampu membeli makanan.

 "Jadi bukan karena meninggal keracunan, bukan, tidak ditemukan. Kemudian bukan karena adanya kekerasan fisik yang dialami oleh keempat korban tersebut dan juga bukan karena kelaparan, tidak memiliki kemampuan untuk beli makanan, tidak," katanya. 

Diketahui,  satu keluarga yang terdiri dari empat orang ditemukan tewas mengenaskan dalam sebuah rumah di Perumahan Citra Garden 1 Extention, Jakarta Barat, Kamis 10 November 2022 malam. Penemuan ini bermula dari bau busuk yang menyengat. Keempat jenazah kemudian dibawa ke RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur untuk diautopsi.

Keempat korban, yakni Rudyanto Gunawan (71) yang merupakan kepala rumah tangga; istrinya Margaretha Gunawan (68), anaknya Dian (42), serta adik Rudiyanto, Budianto Gunawan (68). 


Artikel ini telah tayang  di halaman SINDOnews.com dengan judul 1 Korban Tewas Sekeluarga di Kalideres Diduga Anut Aliran Sesat

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut