get app
inews
Aa Read Next : 9 Makanan dan Minuman Ini Harus Dihindari Saat Sahur, Bisa Bikin Haus dan Lapar!

7 Makanan yang Bisa Atasi Maag Kambuh, Yuk Simak!

Senin, 28 November 2022 | 22:04 WIB
header img
7 Makanan yang Bisa Atasi Maag Kambuh, Yuk Simak! (Foto: Getty Images)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Sakit maag merupakan luka yang berkembang di lapisan lambung dan bisa diatasi dengan beberapa pengobatan alami. Sakit maag banyak diderita orang yang penyuka makanan pedas.

 Bagi orang yang memiliki penyakit maag maka harus berhati-hati dalam memilih makanan. Selain itu, makan tepat waktu menjadi salah satu cara agar maag tidak kambuh. Mengonsumsi obat maag secara rutin juga mampu mengurangi tingkat kambuh penyakit tersebut.

Namun, ternyata terdapat beberapa makanan yang dapat membantu mengatasi kambuhnya maag. Apa saja? Berikut ini rangkumkan dari livehealthily

1. Sayuran hijau

Sama seperti buah, saat mengonsumsi sayuran juga harus dipilih yang rendah asam. Sayurah hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, dan kecambah semuanya bersifat basa jadi cenderung tidak memicu masalah pencernaan.

2. Susu atau yogurt rendah lemak

Susu dapat bertindak sebagai penghalang antara lapisan perut dan asam untuk meredakan gejala mulas. Sedangkan yogurt dapat memberikan efek menenangkan pada perut dan mengandung bakteri baik. Pilihlah susu dan yogurt yang rendah lemak untuk dikonsumsi.

3. Jahe

Jahe dikenal dpat membantu mengurangi peradangan dan meredakan mual. Cara terbaik mengonsumsi jahe yaitu dengan memarut sedikit jahe segar dan rendam ke dalam air panas, hal ini mampu menenangkan perut Anda.

4. Oatmeal

Jika merasa mual atau mulas, mengonsumsi oatmeal untuk sarapan bisa menjadi pilihan yang tepat. Oat merupakan makanan yang kaya akan serat dan baik untuk pencernaan.

5. Pisang

Asam dalam makanan yang Anda makan ternyata dapat menyebabkan mulas. Banyak buah yang bersifat asam tetapi pisang memiliki kandungan asam yang cukup rendah sehingga tidak memicu gejala.

6. Air lemon

Tentunya air lemon sangat asam maka cara terbaik mengonsumsinya adalah mencampurkan air lemon dengan air hangat dan tambahan madu. Cara ini pastinya dapat membantu menetralkan asam lambung.

7. Cuka apel

Beberapa orang menemukan bahwa cuka apel dapat meredakan rasa mulas mereka. Sama seperti air lemon, tentunya mengonsumsi cuka apel sendirian dapat memperburuk gejala. Cara mudahnya adalah mencampurkan cuka apel dengan sedikit air hangat jika ingin mengonsumsinya.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut