get app
inews
Aa Read Next : 5 Penyebab Tenggorokan Terasa Panas, Yuk Simak!

Deretan Fakta Bersin yang Jarang Diketahui, Yuk Simak!

Jum'at, 25 November 2022 | 19:25 WIB
header img
Deretan Fakta Bersin yang Jarang Diketahui, Yuk Simak!(Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsPandeglang.idBersin merupakan reflek tubuh berupa keluarnya udara yang kuat dari hidung dan mulut. Ketika bersin seseorang biasanya juga menutup mata.

Terdapat deretan fakta tentang bersin yang perlu diketahui. Beberapa fakta berikut tidak banyak diketahui oleh orang-orang pada umumnya. Padahal, bersin adalah suatu aktivitas yang wajar yang terjadi pada setiap manusia. Sata bersin, seseorang akan mengeluarkan udara yang kuat dari mulut dan hidung dengan spontan.

Inilah deretan fakta mengenai bersin yang dilansir iNews.id dari situs Medicinenet pada Rabu (23/11/2022) adalah sebagai berikut. Fakta tentang bersin

1.Bersin berkali-kali adalah hal yang biasa

Biasanya, seseorang akan bersin hanya sekali ketika berhadapan dengan pemicunya.  Namun bagi beberapa orang, bersin harus dilakukan lebih dari dua kali atau lebih karena bersin pertama tidak cukup kuat untuk menghilangkan partikel gatal dari hidung.

2.Bersin adalah aktivitas otot Tubuh

Anda akan mengirimkan sinyal ke semua otot yang harus bekerja secara sinkron untuk menghasilkan bersin. Beberapa otot tersebut adalah otot dada, otot pita suara, otot di tenggorokan, dan otot perut atau perut

.
3.Matahari bisa membuat Anda bersin

Bersin fotik adalah bersin yang disebabkan karena sinar matahari atau cahaya terang. Faktanya, satu dari tiga orang di dunia menderita bersin fotik. Jika Anda salah satunya, itu berarti Anda mungkin mendapatkannya dari salah satu orang tua Anda. Bersin fotik bersifat genetik dan diturunkan dalam keluarga.

Kebanyakan, orang-orang hanya bersin dua atau tiga kali saat terkena sinar matahari. Namun ada juga orang yang bersin hingga 40 kali berturut-turut ketika ada sinar matahari.

 4.Mata tertutup saat bersin

Tidak banyak yang tahu bahwa mata kita akan tertutup saat bersin. Hal itu terjadi lantaran otak mengirim pesan ke mata kita untuk menutup saat bersin datang.
 

5.Bersin yang keras terjadi pada orang dengan kapasitas paru-paru lebih besar

Suara bersin yang keras terjadi karena orang tersebut memiliki paru-paru dengan kapasitas menyerap udara lebih banyak. Semakin banyak udara yang Anda hirup, semakin keras bersin Anda.

6.Menahan bersin bisa berbahaya

Seringkali, orang akan menahan bersin karena malu.  Namun sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan karena bisa berbahaya. Saat Anda menahan bersin, tekanan menumpuk di saluran hidung dan dapat merusak pembuluh darah di mata atau hidung Anda.

7.Manusia rata-rata bersin empat kali sehari

Rata-rata, seseorang bersin dan membuang ingus empat kali sehari. Jumlah ini diambil setelah memantau 80 mahasiswa kedokteran dan karyawan rumah sakit selama dua minggu.  Studi tersebut menyimpulkan bahwa bersin lebih dari itu menandakan adanya rhinitis, yaitu penyakit peradangan.


8.Bersin bergerak dengan kecepatan 100 mil per jam

 Sebuah studi yang dilakukan di University of Bristol menunjukkan bahwa bersin atau batuk dapat memiliki kecepatan 100 mil per jam dan mengirimkan 100.000 kuman ke udara.  Kuman ini bisa berupa adenovirus, penyebab flu biasa, atau influenza, penyebab flu. Inilah mengapa Anda harus bersin di siku atau tisu, yang nantinya akan dibuang. Jika tidak, Anda dapat menyebarkan kuman ke orang lain.

 9.Anda tidak bersin saat tidur

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Anda tidak bersin saat tidur? Itu karena saraf yang merangsang pusat bersin juga sedang beristirahat. Karena mereka tidak mengaktifkan pusat bersin, Anda tidak dapat bersin meskipun ada sesuatu yang mengiritasi hidung Anda.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut