get app
inews
Aa Read Next : Daftar Negara dengan Jumlah Janda Terbanyak, India dan China Memimpin, Indonesia Mengejutkan!

Ini Sejumlah Mitos saat Gerhana Bulan Termasuk Tidak Boleh Berhubungan Seks, Benarkah?

Selasa, 08 November 2022 | 19:09 WIB
header img
Seputar mitos yang beredar saat terjadi Gerhana Bulan. Foto Wikipedia

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Ada beberapa mitos aneh bahkan mengerikan yang  beredar di kalangan masyarakat  terkait  Gerhana Bulan. Fenomena alam ini diyakini  oleh masyarakat tertentu termasuk ada mitos  saat Gerhana Bulan tidak boleh berhubungan seks.

Gerhana Bulan terjadi menurut Wikipedia, ketika Bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Peristiwa ini hanya dapat terjadi ketika posisi Matahari, Bumi, dan Bulan tepat atau hampir membentuk garis lurus dan Bulan berada dalam fase Bulan purnama. Jenis dan durasi Gerhana Bulan bergantung pada jarak Bulan terhadap simpulnya di orbit.

Fenomena alam ini  merupakan peristiwa yang terbilang menarik perhatian publik dalam setiap masanya. Seperti saat ini pada 8 November 2022 terjadi Gerhana Bulan Total. Gerhana Bulan Total yang dapat teramati di Indonesia untuk satu dekade berikutnya akan terjadi pada 8 September 2025, 3 Maret 2026, Malam Tahun Baru 2029, 21 Desember 2029, 25 April 2032 dan 18 Oktober 2032.

Lantas apa saja mitos aneh saat terjadi Gerhana Bulan yang  diyakini masyarakat tertentu. Di beberapa negara seperti India, ada mitos yang sering terdengar saat gerhana bulan tiba. Apa saja? Berikut ini dikutip dari MNC Portal yang  dilansir dari laman Times of India.

 

1. Hindari Menyentuh Benda Tajam 

Ada mitos saat gerhana bulan terjadi yaitu dilarang menyentuh benda tajam. Konon katanya jika  Anda terluka, maka akan mengalami pendarahan dan sembuhnya lama. 

Faktanya, pendarahan bisa bertahan lebih lama dan bekas luka bisa bertahan seumur hidup. Ini adalah mitos yang aneh.

 

2. Tidak Boleh Menonton Gerhana

Selanjutnya ada  mitos  menyebutkan tidak boleh menonton gerhana bulan dengan mata telanjang. Hal tersebut karena khawatir akan berpengaruh terhadap mata.

Akan tetapi faktanya menurut sains, gerhana bulan aman untuk disaksikan langsung dengan mata telanjang. Anda tidak perlu melakukan tindakan pencegahan khusus untuk menyaksikan gerhana bulan. 

 

3. Dilarang Makan dan Minum Saat Gerhana Bulan 

Mitos jika terjadi Gerhana Bulan Mitos  menyebutkan bahwa dilarang makan dan minum karena akan berakibat hal-hal yang tidak diinginkan. Juga konon, makanan dan minuman akan beracun. 

Namun, hal itu tidak benar. Sinar UV dan partikel lain yang menembus atmosfer planet kita tidak akan berbeda dari hari-hari biasanya. Sehingga aman untuk makan atau minum saat gerhana. 

 

4. Tidak Boleh Berhubungan Seks

Menurut mitos saat gerhana, seseorang dilarang melakukan hubungan seks. Hal ini dikarenakan sebagai pertanda buruk. 

Akan tetapi dengan adanya anggapan tersebut, yakni adanya larangan berhubungan badan tersebut sebagai pertanda buruk telah dipatahkan secara ilmiah dan itu hanya mitos. 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com dengan judul 4 Mitos yang Dipercaya Saat Gerhana Bulan, Cek Faktanya

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut