get app
inews
Aa Read Next : 5 Penyebab Tenggorokan Terasa Panas, Yuk Simak!

Waspada! Ini 8 Makanan Pemicu Eksim Pada Bayi, Ikan Salah Satunya

Senin, 31 Oktober 2022 | 16:05 WIB
header img
(Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Kulit pada bayi sangat sensitive dan rentan mengalami masalah Kesehatan, salah satunya adalah eksim. Faktor penyebab eksim beragam, salah satunya dari makanan.

Eksim merupsksnkondisi ruam gatal yang masuk bagian penyakit kulit kronis. Penyakit ini ditandai dengan munculnya rasa gatal yang parah secara berulang. Dalam dunia medis, eksim juga disebut dengan Dermatitis Atopik.

Orang tua harus tahu klau terdapat beberapa jenis makanan pemicu eksim pada bayi. Biasanya, makanan ini memang menyebabkan alergi seperti seafood dan produk susu.

Dijelaskan laman Seattle Children's, gejala eksim paling umum adalah rasa gatal di kulit. Eksim paling banyak terjadi dimulai pada usia 2 tahun. Lokasi kemunculan eksim bisa di pipi pada usia 1 hingga 6 bulan, lalu dapat menyebar ke seluruh wajah. Pada bayi, permukaan luar lengan dan kaki juga menjadi spot kemunculan eksim paling umum. Nah, pada anak yang lebih besar, eksim bisa ditemukan di lipatan siku, pergelangan tangan, dan lutut.  

Eksim dapat muncul akibat beberapa faktor misalnya karena keturunan jenis kulit yang sangat kering dan sensitif.

Flare-up eksim bisa muncul juga karena paparan sabun, sampo, atau zat iritasi lainnya. "Sekitar 30 persem bayi dengan eksim punya alergi parah terhadap makanan, yang paling umum adalah susu sapi," terang laporan tersebut, dikutip Selasa (25/10/2022).

Diterangkan lebih detail di laman WebMD, berikut daftar makanan pemicu eksim pada bayi:

1. Susu sapi

2. Telur

3. Kacang

4. Jenis kacang 'tree nuts'

5. Gandum

6. Ikan

7. Kerang

8. Kedelai

Itulah 8 daftar makanan pemicu eksim pada bayi. Kalau anak Anda memperlihatkan masalah kulit setelah konsumsi makanan-makanan tersebut, ada baiknya segera hubungi dokter spesialis anak Anda untuk tindakan lebih lanjut.
 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut