get app
inews
Aa Read Next : Viral Kades di Lebak Cekcok Adu Mulut dengan Kapus, Diduga Tolak Rujukan Ibu Hamil

6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Ibu Hamil Untuk Jaga Kesehatan Janin

Minggu, 30 Oktober 2022 | 22:13 WIB
header img
Ilustrasi Ibu Hamil (Foto : Istimewa/iNews.id)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Ibu hamil harus selektif dan pintar dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Dikarenakan makanan yang dikonsumsi akan memengaruhi kesehatan dirinya dan tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

Semasa kehamilan, saat ngidam ibu hamil harus tetap menjaga memilah milih makanan untuk dimakan.

Asupan Nutrisi yang tepat sangat mempengaruhi tumbuh kembang dan kesehatan janin. Selain itu menurunkan risiko komplikasi kehamilan, seperti anemia dan preeklampsia. Ketika masa kehamilan tak hanya makanan yang kaya akan nutrisi, penting bagi Ibu untuk menghindari makanan dan minuman dengan potensi berbahaya bagi Anda atau janin.

Terutama karena risiko penyakit bawaan makanan atau kadar merkuri yang tinggi. Berikut ini adalah makanan dan minuman yang harus dihindari saat hamil

1. Jus yang tidak dipasteurisasi

Beberapa jus dan sari buah apel mungkin tidak dipasteurisasi dan harus dihindari saat Anda hamil.

Periksa label untuk indikasi apakah produk yang Anda pilih telah dipasteurisasi. Petunjuk bahwa mereka mungkin tidak dipasteurisasi termasuk kata-kata seperti "alami" atau "diperas segar."

 

2. Hindari Ikan mentah dan setengah matang

Saat Anda hamil, Anda harus menghindari semua ikan mentah, seperti sushi dan sashimi untuk saat ini. Ikan mentah memiliki risiko lebih tinggi mengandung bakteri, virus, dan parasit tertentu. Meskipun makhluk kecil itu mungkin tidak terlalu memengaruhi Anda – atau terlalu memengaruhi Anda – sebelum Anda hamil, mereka bisa berbahaya bagi Anda dan janin saat Anda hamil.

Untuk alasan yang sama, ikan atau kerang yang dibakar atau kurang matang juga tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang sedang hamil.

3. Daging olahan

Daging tertentu sebaiknya dihindari selama kehamilan, karena membawa risiko bakteri listeria yang lebih tinggi. yang ada di beberapa daging berikut:

- Potongan daging dingin atau daging deli

- Sosis yang difermentasi atau kering

- Daging atau unggas langka setengah matang

4. Telur mentah atau setengah matang

Telur mentah dikhawatirkan memiliki potensi paparan salmonella. Para peneliti mengatakan Anda tidak berada pada peningkatan risiko salmonella saat Anda hamil, tetapi efeknya bisa lebih buruk selama kehamilan Anda.

Seperti penyakit bawaan makanan lainnya, salmonella dapat menyebabkan demam dan gejala gastrointestinal, dan dalam kasus yang jarang terjadi dapat menyebabkan sepsis intrauterin, infeksi serius yang dapat menyebabkan masalah otak dan paru-paru janin.

5. Makanan dengan jumlah garam yang tinggi

Kita mendapatkan banyak garam dalam makanan yang kita makan. Garam menyebabkan tubuh Anda menahan air. Disarankan agar orang yang sedang hamil untuk membatasi makan makanan asin dalam jumlah sedang.

6. Alkohol

Minum alkohol selama kehamilan Anda dapat menyebabkan sindrom alkohol janin, Fetal Alcohol Syndrome (FAS). FAS adalah kondisi parah yang tidak dapat disembuhkan. Ini juga dapat menyebabkan cacat lahir yang memengaruhi jantung, mata, tulang, telinga, dan ginjal anak Anda.

Itulah deretan makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil untuk menjaga janinnya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut