get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hari Sumpah Pemuda, Puluhan Kader HMI Lebak Gelar Kegiatan Mimbar Bebas

2 Contoh Teks Pidato Singkat dan Jelas Sumpah Pemuda, Lengkap dengan Kerangka Menyusunnya

Rabu, 19 Oktober 2022 | 07:36 WIB
header img
Contoh Teks Pidato singkat dan jelas Sumpah Pemuda, lengkap dengan Kerangka meyusunnya (Foto: doc iNews.id)

JAKARTA, iNewsPandeglang.idSumpah pemuda adalah salah satu tonggak sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Dan juga merupakan keputusan kongres pemuda kedua yang dilaksanakan selama dua hari 27-28 oktober 1928 di Batavia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Kita sudah memasuki bulan oktober yang dimana pada tanggal 28 memperingati hari sumpah pemuda. Contoh pidato singkat Sumpah Pemuda digunakan untuk memperingati momen yang jatuh pada tanggal 28 Oktober tersebut. Berikut contoh pidato lengkap dengan kerangkanya. Melansir buku 'Makna Sumpah Pemuda' karya Sri Sudarmiyatun , Sumpah Pemuda adalah  janji para pemuda yang diucapkan pada saat Kongres Pemuda II di Jakarta, tepatnya tanggal 28 Oktober 1928. 
 

Kerangka Contoh Pidato Singkat Sumpah Pemuda di Sekolah

 1. Pembuka (ungkapan terkenal tentang pemuda)

2. Isi

-Alasan mengapa 28 Oktober ditetapkan sebagai hari Sumpah Pemuda

-Isi Sumpah Pemuda


Manfaat Sumpah Pemuda -Peran yang dimainkan pemuda saat ini

-Tantangan pemuda masa depan dan strategi menghadapinya

-Hal-hal yang perlu dihindari oleh para pemuda

Contoh Pidato Singkat Sumpah Pemuda 2022

1. Contoh pidato singkat Sumpah Pemuda untuk Pelajar Singkat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhh. Teman-teman yang saya banggakan, "Pemuda adalah harapan bangsa," demikian kata orang bijak. Kenyataannya, memang demikian. Masa depan bangsa dan negara berada di tangan para pemuda. Bagaimana keadaan bangsa dan negara kita pada masa yang akan datang? Itu dapat dilihat dari bagaimana kegiatan para pemuda masa sekarang.

 Jika para pemuda sekarang sudah mempersiapkan diri, giat belajar, tekun berlatih dan bekerja keras maka masa depan bangsa dan negara kita cerah. Ada harapan besar untuk menjadi bangsa dan negara yang maju. Sebaliknya, jika para pemuda sekarang berpangku tangan, bermalas-malasan, dan berhura-hura, apalagi suka mabuk-mabukan maka masa depan bangsa dan negara kita suram.

Bahkan, negara kita bisa hancur berkeping-keping dan tinggal nama saja dalam buku-buku sejarah. Sungguh sangat menyedihkan jika hal itu benar-benar terjadi. Kita harus menyadari hal tersebut sebagai generasi muda, penerus yang kelak bertanggung jawab terhadap kemajuan bangsa dan negara. Kita harus mencegah kehancuran bangsa.

Sebaliknya, kita harus berusaha sekuat tenaga memajukan bangsa. hal ini sudah dicontohkan oleh para pemuda pada asa yang lalu. Para pemuda, terutama yang berpendidikan akan sangat prihatin terhadap keadaan bangsa kita yang terjajah, Mereka berpikir bagaimana caranya memajukan bangsa pada masa yang akan datang. Dari berpikir dan berusaha itu, mereka yang berasal dari berbagai daerah sepakat mengucapkan Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Oleh karena itu, Saudara-saudara, kita jangan terlena dengan syair lagu 'Bukan lautan, tapi kolam susu. Kali dan jala cukup menghidupimu." Tidak bisa, Saudara-saudara. Di masa yang akan datang, kekayaan alam dan kesuburan tanah semakin berkurang.  Sementara itu, ledakan penduduk akan terjadi.

Kita tidak dapat lagi hidup hanya dengan mengandalkan kekayaan alam. Oleh karena itu, mulai sekarang kita harus bersiap-siap menghadapi masa depan dengan rajin belajar, giat berlatih dan tekun bekerja.

 Oleh karena itu, kawan-kawan, kita harus belajar giat dan bekerja keras. Kita tidak perlu membesar-besarkan perbedaan kita. Justru sebaliknya, kita harus memperbesar persamaan kita. Darah kita sama-sama merah. Tulang kita sama-sama putih dan kita juga mempunyai tekad sama, yaitu menjaga tetap tegaknya bendera kita merah putih sebagai lambang kejayaan bangsa kita.
 

2 Contoh pidato singkat Sumpah Pemuda untuk Anak SMP

 Assalamualaikum wr. wb. Yang kami hormati Bapak Kepala Sekolah, yang kami hormati Bapak Wali Kelas, bapak dan ibu guru dan juga teman-tema yang saya cintai. Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua, sehingga pada kesempatan yang baik ini kita dapat berkumpul. Tidak lupa, shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi besar kita, yaitu Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, kepada sahabat-sahabatnya, juga kepada para tabi'it dan tabi'atnya.

Sebelumnya, marilah kita sebagai generasi penerus merenungi kembali makna dari Sumpah Pemuda dengan jiwa dan semangat kebangsaan, serta rasa sosialisme yang tinggi. Tapi apakah ikatan kita sebagai sebuah bangsa sudah kuat dan kokoh? Ini perlu jadi renungan para tokoh bangsa. Ketika Tanah Air ini aman-aman saja, apakah semangat nasional jadi luntur, semangat kebangsaan kita ikut menjadi pudar? Bapak/Ibu juga teman-teman sekalian, sudah bukan rahasia umum kalau kebangkitan dan kemerosotan sebuah bangsa dipengaruhi oleh semangat pemuda-pemudanya di setiap negara.

 Ada banyak sejarah yang membuktikan ketika kekuatan para pemuda yang bersatu-padu dapat menggulingkan kekuasaan yang sangat kokoh sekali pun. Teman-temanku sekalian, sudah sewajarnya bila kita sebagai generasi penerus membenahi kembali tatanan kebangsaan yang sekarang sudah mulai luntur ini. Marilah kita sebagai pemuda membenahi kembali tatanan kebangsaan yang sekarang sudah mulai luntur ini. Marilah kita sebagai pemuda, menyusunnya kembali agar bangsa ini tidak menjadi lebih hancur lagi. Marilah kita junjung kembali demokrasi kita yang sudah mulai luntur dengan bersatu-padu membangun kembali bangsa ini agar tercipta kembali demokrasi kita yang sudah mulai luntur dengan bersatu padu membangun kembali bangsa agar tercipta kembali kerukunan yang dulu pernah menjadi suatu kebanggan kita.

Teman-temanku sekalian, sebagai wujud syukur kita kepada Sang Maha Pencipta, berikanlah hak-hak atas anak cucu kita warisan berupa hasil perbuatan kita di masa muda sekarang ini agar menjadi kenyamanan bagi penerus kelak. Bapak/Ibu dan teman-teman sekalian, terima kasih atas semua perhatiannya. Wasslamualaikum wrb wb.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut