get app
inews
Aa Read Next : Tips Cegah Aquaplaning Saat Berkendara di Musim Hujan

Bacaan Doa dan Dzikir saat Mendengar Suara Petir, Lengkap Arab, Latin hingga Artinya

Selasa, 11 Oktober 2022 | 21:31 WIB
header img
(Foto: iNews.id/Reuters).

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Dimusim Hujan pasti kita banyak mendengar suara petir yang membuat kita terkejut. Ketika mendengar petir Bacaan doa dan dzikir sangat penting diamalkan agar terhindar dari bencana.

Petir dalam Alquran merupakan tanda kebesaran Allah SWT.  Petir merupakan fenomena atmosfer yang muncul ketika hujan. Petir terjadi akibat peristiwa pemisahan muatan positif dan muatan negatif di dalam awan.

Petir yang terjadi sebelum maupun saat hujan deras juga memberikan manfaat, harapan serta ketakutan. Dalam Alquran, fenomena petir itu disebutkan dalam Surat Al Baqarah dan Surat Ar Ra'd ayat 12.

Allah SWT berfirman:
 

هُوَ الَّذِيْ يُرِيْكُمُ الْبَرْقَ خَوْفًا وَّطَمَعًا وَّيُنْشِئُ السَّحَابَ الثِّقَالَۚ

Artinya: Dialah yang memperlihatkan kilat kepadamu, yang menimbulkan ketakutan dan harapan, dan Dia menjadikan mendung. (QS. Ar Ra'd: 12) Dalam Ayat lain disebutkan:

 وَيُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهٖ وَالْمَلٰۤىِٕكَةُ مِنْ خِيْفَتِهٖۚ وَيُرْسِلُ الصَّوَاعِقَ فَيُصِيْبُ بِهَا مَنْ يَّشَاۤءُ وَهُمْ يُجَادِلُوْنَ فِى اللّٰهِ ۚوَهُوَ شَدِيْدُ الْمِحَالِۗ - ١٣

Dan guruh bertasbih memuji-Nya, (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya, dan Allah melepaskan halilintar, lalu menimpakannya kepada siapa yang Dia kehendaki, sementara mereka berbantah-bantahan tentang Allah, dan Dia Mahakeras siksaan-Nya. (QS. Ar Ra'd: 13)

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa suara menggelegar yang dikeluarkan oleh petir akibat terjadinya lompatan listrik yang sangat besar menurut Alquran adalah bacaan tasbihnya dalam memuji Allah. 

 Fenomena ini adalah salah satu tanda kekuasaan dan keperkasaan Allah. Memang tidak semua jenis awan bisa mendatangkan hujan. Awan yang dapat menyebabkan turunnya hujan adalah awan dari jenis kumulonimbus (cumulonimbus). 

Bacaan Doa dan Dzikir Ketika Ada Petir

Apabila mendengar suara guntur dan halilintar, maka disunnahkan untuk membaca doa, sebagaimana hadits Rasulullah yang diriwayatkan oleh al-Bukhari. Berikut bacaan doa dan dzikir ketika ada petir, Arab, Latin dan Artinya 

 "اللَّهُمَّ، لَا تَقْتُلْنَا بِغَضَبِكَ، وَلَا تُهْلِكْنَا بِعَذَابِكَ، وَعَافِنَا قَبْلَ ذَلِكَ".

Latin: Allahumma laa taqtulnaa bighodobika walaa tuhlikna bi'adzabika wa 'aafinaa qabla dzalik. Artinya: Ya Allah, janganlah Engkau bunuh kami dengan murka-Mu, dan janganlah Engkau binasakan kami dengan azab-Mu, dan maafkanlah kami sebelum itu.

Doa mendengar petir lainnya yang bisa dibaca yakni: سُبْحَانَ مَنْ يُسبّح الرعْد بِحَمْدِهِ

Latin: Subhaana man yusbiharra'du bihamdihi Artinya: Mahasuci Tuhan yang guruh bertasbih dengan memuji-Nya. Ibnu Mardawaih meriwayatkan hadis dari Abu Hurairah sebagai berikut: Bahwa Rasulullah saw bila ada tiupan angin yang keras, atau mendengar suara guruh, warna mukanya berubah, lalu beliau berkata untuk guruh itu, "Mahasuci Zat, yang guruh bertasbih kepada-Nya."  Dan kepada angin beliau berkata, "Ya Allah jadikanlah angin itu sebagai rahmat dan jangan jadikan sebagai azab."

Demikian pula para malaikat bertasbih karena takut kepada Allah dan memuji kepada-Nya. Allah melepaskan halilintar, lalu mengenai siapa yang Dia kehendaki dan membinasakannya.  Karena itu, penting mengamalkan bacaan doa dan dzikir ketika ada petir untuk mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Semoga bermanfaat, ya!

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut