get app
inews
Aa Read Next : Viral Kades di Lebak Cekcok Adu Mulut dengan Kapus, Diduga Tolak Rujukan Ibu Hamil

5 Makanan yang Mengandung Asam Folat, Sangat Dibutuhkan Untuk Ibu Hamil

Selasa, 11 Oktober 2022 | 16:40 WIB
header img
Ilustrasi makanan yang mengandung asam folat (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Masa kehamilan menjadi waktu yang penting untuk memperhatikan pola makan. Memakan makanan bergizi saat masa awal kehamilan juga penting untuk dilakukan agar nutrisi janin terpenuhi.

Terdapat banyak makanan yang mengandung asam folat yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Asam folat atau vitamin B9 merupakan mikronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsinya.

Biasanya, kebutuhan asam folat harian pada setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung pada usianya. Asam folat berperan penting untuk meningkatkan metabolisme yang mampu menjaga kesehatan badan.

Dikutip Medine Plus, asam folat merupakan vitamin B yang membantu tubuh membuat sel-sel baru yang sehat. Tak cuma itu, asam folat juga dibutuhkan untuk para ibu hamil. Sebagai ibu hamil, asam folat yang cukup sebelum dan selama kehamilan dapat mencegah cacat lahir utama pada otak atau tulang belakang bayinya.

Asam folat pun bisa dengan mudah kita dapatkan, salah satunya lewat asupan makanan. Penasaran apa saja makanan yang mengandung asam folat? Berikut ulasannya dirangkum pada Selasa (11/10/2022).


1. Buah Sitrus

Selanjutnya ada buah-buahan yang kaya akan asam folat. Ada berbagai jenis buah yang tinggi asam folat seperti alpukat, pepaya, hingga pisang. Namun, ada pula jenis buah sitrus yang juga mengandung banyak asam folat. Buah tersebut meliputi jeruk lemon, jeruk nipis hingga jeruk bali.


2. Sayuran Hijau

Pertama ada sayuran hijau. Sayur-sayuran hijau kaya akan asam folat yang baik untuk tubuh dan ibu hamil. Anda bisa mendapatkan nutrisi asam folat lewat sayuran hijau seperti brokoli, selada, bayam hingga kale.

3. Kacang-kacangan

 Selanjutnya ada kacang-kacangan. Asupan ini juga mengandung tinggi asam folat dan bisa dikonsumsi sehari-hari. Beberapa kacang-kacangan yang kaya akan asam folat adalah kacang kedelai, kacang merah, kacang hijau, kacang polong, dan kacang tanah. Karena kandungan asam folat yang tinggi, kacang-kacangan ini bisa jadi camilan yang tepat khususnya untuk ibu hamil.


4. Telur

 (Foto: iNews.id/Asianage).

Selanjutnya ada telur. Telur mengandung protein, selenium, riboflavin, dan vitamin B12. Selain itu, telur juga mengandung tinggi lutein dan zeaxanthin yakni dua antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko gangguan mata seperti degenerasi makula. Dengan mengonsumsi telur, Anda dapat meningkatkan asupan asam folat dan membantu memenuhi kebutuhan tubuh.

5. Hati Sapi

Satu lagi asupan yang mengandung nutrisi asam folat ialah hati sapi. Hati sapi adalah salah satu sumber folat yang paling terkonsentrasi. Selain asam folat, satu porsi hati sapi dapat memenuhi kebutuhan harian seperti vitamin A, dan vitamin B12. Untuk itu, hati sapi bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang pada tubuh.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut