get app
inews
Aa Read Next : Keren! CBR FC Juara 1 Sepak Bola Tarkam Cibobos Cup 2023

Deretan Pemain Tertua dalam Sejarah Piala Dunia, Nomor 1 Pernah Main di Liga Indonesia

Minggu, 09 Oktober 2022 | 14:40 WIB
header img
Roger Milla (Foto: Tangkapan Layar Youtube)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Terdapat beberapa pemain tertua dalam sejarah Piala Dunia. Salah satu dari 5 pemain tertua ini ada yang pernah berkarier di Liga Indonesia. Piala Dunia adalah ajang sepak bola terakbar yang diadakan empat tahun sekali. Dari negara kecil hingga besar, pemain muda sampai yang sudah tua kerap tampil dalam ajang bergengsi ini.

Bagi pemain tua, bermain di Piala Dunia menjadi tantangan berat. Mereka kerap kali dipandang sebelah mata karena dianggap sudah melewati masa keemasan di dalam dunia sepak bola.


Essam El-Hadary (Foto: Istimewa)



Namun, ada sejumlah pemain tua yang membuktikan anggapan itu salah. Hebatnya, mereka sanggup mencatatkan namanya dalam sejarah Piala Dunia.

Sebenarnya ada banyak pemain tertua dalam sejarah Piala Dunia, tetapi iNews.id hanya merangkum lima saja. Salah satunya ialah sosok striker Afrika yang pernah bermain di Liga Indonesia. Penasaran Siapa sajakah mereka?

Berikut ini 5 Pemain Tertua Dalam Sejarah Piala Dunia:

1. Roger Milla

Roger Milla merupakan penyerang yang memperkuat Timnas Kamerun pada ajang Piala Dunia 1994. Saat melawan Rusia, Roger Milla berusia 42 tahun 39 hari . Roger Milla masih aktif sebagai pesepak bola usai Piala Dunia 1994. Menariknya, dia pernah bermain di Liga Indonesia bersama Pelita Jaya dan Putra Samarinda.
 

2. Peter Shilton 

Peter Shilton merupakan Kiper legendaris yang membela Timnas Inggris selama 20 tahun mulai dari 1970 sampai 1990. Terakhir kali Peter Shilton membela Timnas Inggris pada Piala Dunia 1990. Pada saat itu Peter berusia 40 tahun 9 bulan. Laga terakhirnya pada perebutan peringkat tiga dan Inggris kalah 1-2 dari Italia. Sepanjang kariernya  bersama Timnas Inggris, Peter Shilton sudah tampil sebanyak 125 kali.

3. Pat Jennings 

Tepat pada hari ulang tahunnya yang ke-41 Pat Jennings tampil terakhir di Piala Dunia.  Pada saat itu Pat Jennings yang merupakan kiper dari Irlandia Utara menghadapi Brasil di Piala Dunia 1986. Namun, sayangnya saat itu Irlandia Utara harus menelan kekalahan dari Brasil dengan skor 0-3. Pat Jennings sudah menjadi penjaga gawang di Timnas Irlandia Utara selama 22 tahun dan sudah tampil sebanyak 119.

4. Faryd Mondragon

Faryd Mondragon merupakan seorang kiper yang memperkuat Timnas Kolombia di ajang Piala Dunia 2014 Brasil. Pada saat itu pelatih Kolombia Jose Pokerman mempercayai Faryd Mondragon yang berusia 43 tahun 3 hari untuk bermain sebagai pengganti David Ospina saat laga melawan Jepang. Walau hanya bermain 5 menit, namun hal itu membuat Faryd Mondragon mencetak rekor sebagai pemain tertua di Piala Dunia. Faryd Mondragon sudah membela Timnas Kolombia selama 21 tahun dan tampil sebanyak 51 kali.

5. Essam El-Hadary 

Pemain tertua dalam sejarah Piala Dunia yang terkhir adalah Essam El-Hadary kiper yang memperkuat Timnas Mesir yang pada saat itu berusia 45 tahun 160 hari saat pertandingan Mesir melawan Arab saudi diajang piala dunia Russia 2018.  Bahkan di ajang Piala Dunia 2018 tersebut Essam lebih tua dari 3 pelatih timnas yang berlaga saat itu.

Kiper yang memiliki catatan 159 penampilan untuk Mesir itu jadi orang Afrika pertama yang mampu menahan tendang penalti di Piala Dunia meski mereka akhirnya kalah 1-2 dari Arab Saudi. Itulah 5 nama pemain tertua dalam sejarah Piala Dunia. Kelimanya saat ini masih dikenang oleh FIFA dan sejumlah fans berat sepak bola.
 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut