get app
inews
Aa Read Next : Viral, Video Baku Hantam Sejumlah Warga dengan Penambang Pasir Laut di Bayah

Heboh! Patung Sigale Gale Gerak Sendiri saat Orang di sekitar Sedang Menari

Rabu, 28 September 2022 | 09:22 WIB
header img
Ilustrasi Patung (Foto: INews)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Patung sigale gale dari Pulau Samosir, Sumatra Utara (Sumut) bergerak sendiri, moment ini terekan dalam video, dan viral di media sosial. Pengunggah video bahkan menyebutkan orang di sekitarnya tak ada yang menyadari hal tersebut.

Nampak didalam video tersebut sejumlah orang sedang menari ditemani patung kayu yang diketahui disebut sigale gale. Video viral itu pertama kali diunggah akun TikTok adyjuniarsyah_18193.


(Foto: TikTok adyjuniarsyah_18193.)

Saat semua orang menari, tangan patung itu tiba-tiba bergerak. Dalam video itu juga dituliskan jika orang di sekeliling patung itu tak menyadari hal tersebut.

" Semuanya gak ada yang menyadari tangan patung itu bergerak sendiri," tulis dalam video tersebut.

Sejumlah netizen pun menyebutkan jika ada orang orang yang menggerakkan patung tersebut. Namun, sang pengunggah mengaku tidak mengetahui hal tersebut.

"Itu ada yg memainkan diblekang loh. dibawah rumah itu pemain alat nya," tulis akun @br gllingg***

Komentar itu langsung dijawab sang pengunggah video. "Apa iya," kata ady_juniarsyah_18193. Perlu diketahui, sigale gale merupakan patung kayu yang digunakan dalam ritual penguburan mayat suku Batak di Pulau Samosir.

Dijelaskan bahwa Suku Batak Toba memuliakan roh nenek moyang dan keturunan orang yang meninggal melakukan upacara pemakaman. Jika seseorang meninggal tanpa keturunan, Sigale gale kemudian dibuat sebagai penggantinya. 

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut