Logo Network
Network

Peralihan LPG 3Kg ke Kompor Listrik Golongan 450 VA Tak Perlu Tambah Daya, Ini Solusi PLN

Shelma Rachmayanti, MNC Media
.
Senin, 26 September 2022 | 11:55 WIB
Peralihan LPG 3Kg ke Kompor Listrik Golongan 450 VA Tak Perlu Tambah Daya, Ini Solusi PLN
Golongan 450 VA Tak Perlu Tambah Daya untuk Kompor Listrik. Foto ilustrasi Meteran Listrik/ist

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Adanya peralihan LPG 3Kg ke Kompor Listrik yang dimungkinkan untuk menambah daya listrik bagi golongan listrik 450 VA dan 900 VA untuk masyarakat yang akan menggunakannya. Ini tidak perlu dilakukan, pasalnya PLN akan memberikan fasilitas jalur khusus untuk hal tersebut.

PT PLN (Persero) mengungkapkan telah mempersiapkan bagi mempermudah masyarakat sebagaimana arahan pemerintah bahwa penggunaan LPG 3 kg akan dialihkan ke kompor listrik. Tentu hal ini PLN terus mengkaji dan evaluasi untuk program uji coba dalam pendampingan bagi Keluarga Penerima Manfaat.

"PLN menindaklanjuti dengan berbagai perbaikan pada program uji coba di dua kota. Kami terus fokus dalam pendampingan kepada masyarakat penerima manfaat," ujar Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Senin (26/9/2022).

Upaya itu kata dia, agar  masyarakat hingga benar-benar dapat mengoperasikan penggunaannya secara mandiri dan beralih sepenuhnya ke kompor listrik.

Seperti diketahui, penerima program peralihan kompor listrik adalah masyarakat pelanggan dengan daya 450 VA dan 900 VA. Tidak ada perubahan daya listrik pelanggan. PLN menyediakan jalur kabel listrik khusus untuk memasak dengan daya yang cukup untuk kompor listrik. Jalur kabel ini terpisah dari intalasi listrik yang sudah ada dan tarif yang dikenakan juga tidak mengalami perubahan.

“Meski disediakan jalur kabel khusus memasak oleh PLN, daya listrik KPM tidak mengalami perubahan. Yang 450 VA tetap 450 VA, yang 900 VA juga tetap 900 VA. Kami juga memastikan, tidak ada pengalihan daya 450 VA ke 900 VA sebagaimana yang sempat beredar di masyarakat," jelas Darmawan.

Monitoring dan evaluasi terus dilakukan. Kendala-kendala teknis yang dialami KPM dalam menggunakan peralatan memasak seperti panci dan wajan menjadi masukan untuk dilakukan perbaikan.

Namun secara keseluruhan program ini menunjukkan progres yang positif. Konsumsi kWh dari penggunaan kompor listrik semakin besar dan KPM mulai merasakan biaya memasak menggunakan kompor listrik lebih murah dari pada LPG 3 kg.

“PLN akan melaporkan data pemantauan dan evaluasi program uji coba kompor listrik di dua kota tersebut secara periodik untuk menjadi pertimbangan pemerintah dalam mengambil kebijakan selanjutnya,” ungkapnya.

PLN selalu berupaya menjalankan arahan pemerintah mempercepat transisi energi bersih di tanah air, mendukung upaya subsidi tepat sasaran, sekaligus mengurangi ketergantungan Indonesia dari energi impor dan menggantinya dengan energi domestik yang lebih murah.

Artikel ini telah tayang dengan judul Golongan 450 VA Pakai Kompor Listrik Tak Perlu Tambah Daya, PLN Siapkan Jalur Khusus bersumber dari Okezone.com

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News

Bagikan Artikel Ini