get app
inews
Aa Read Next : Selain Indonesia, Ini Deretan Negara yang Punya Seni Bela Diri Pencak Silat

Deretan Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Termurah Tahun 2022, Nomor 2 Seporsi Makanan Rp5000

Sabtu, 24 September 2022 | 08:27 WIB
header img
Purwokerto (Foto: iNews)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Tidak hanya dari keindahan alamnya, Indonesia juga kaya akan kuliner dan objek wisata, Bahkan beberapa Kota di Indonesia biaya hidupnya terbilang murah. Sejumlah daerah di Indonesia dikenal dengan biaya hidup termurah. Tentu saja hal ini menjadi nilai plus bagi siapa saja yang ingin singgah, atau bahkan menetap cukup lama di kota-kota tersebut. 

Kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia 2022 ini bisa menjadi tempat tinggal yang dapat menghemat pengeluaran Anda. Selain kondisi keuangan lebih stabil, Anda juga bisa Hidup dengan tenang tanpa banyak pengeluaran di beberapa kota ini. 

Tujuh Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia tahun 2022:

1. Yogyakarta


Alun-alun Utara Yogyakarta.(Foto:Ist)

Sudah bukan rahasia lagi bahwa biaya hidup di Yogyakarta memang terkenal murah. Kota yang dikenal sebagai kota pelajar ini memang menjadi destinasi para pelajar yang ingin menuntut ilmu. Tak heran, jika biaya hidup di sana pun murah. 

Harga kost di Yogyakarta masih relatif murah yakni sebesar Rp300 ribu per bulan. Tak hanya biaya kost-nya yang murah, biaya makan di sana pun sangat terjangkau. Anda bahkan bisa membeli satu porsi makanan di warung makan hanya dengan Rp5 ribu saja. 

2. Solo

Kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia 2022 berikutnya adalah Solo. Upah Minimum Kota (UMK) di Solo tahun 2022 adalah sebesar Rp2.035.720. Tak heran jika biaya hidup di kota ini sangat terjangkau. Seperti halnya Yogyakarta, Solo juga memiliki universitas yang menjadi tujuan para pelajar dalam melanjutkan pendidikan.

Oleh karena itu, biaya hidup di Solo bisa dikatakan terjangkau bagi kantong pelajar. Hanya dengan Rp5.000, Anda sudah bisa mendapatkan satu porsi makanan di warung makan. Biaya transportasi umumnya pun relatif terjangkau yakni berkisar Rp3.000-Rp15.000 saja.

3. Banyuwangi

Tak hanya menawarkan destinasi wisata yang ciamik, Banyuwangi juga menjadi salah satu kota dengan biaya hidup yang murah menurut hasil laporan survey BPS Indonesia. 
Tak butuh banyak biaya, Anda bisa hidup di sana hanya dengan Rp3,3 juta saja per bulan. Biaya ini sudah termasuk biaya bersama anggota keluarga sebanyak 4 orang. 

Namun, jika Anda masih sendiri, biaya hidup yang dibutuhkan hanya sekitar Rp1 juta-Rp1,5 juta per bulan. Bahkan, bisa saja lebih rendah yakni sekitar Rp800 per bulan.

4. Purwokerto

Purwokerto merupakan salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia 2022. Kota ini terletak di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Banyumas. Tak hanya asri, kota dengan julukan Kota Satria ini juga menawarkan biaya hidup yang murah. 

Biaya makan di Purwokerto masih berkisar Rp7-15 ribu untuk satu kali makan di warung makan seperti warteg. Jika dihitung-hitung, total biaya hidup sebulan di purwokerto adalah sebesar Rp2 juta. Bahkan, di pinggiran kotanya, Anda masih bisa hidup dengan biaya Rp1 juta per bulannya. 


5. Sibolga

Jika Anda pernah berkunjung ke Provinsi Sumatera Utara, Anda pasti sudah familiar dengan Kota Sibolga. Kota ini merupakan kotamadya di provinsi Sumatera Utara dengan pemandangan yang sangat indah karena memiliki berbagai pantai dan pegunungan. 

Tidak hanya menawarkan keindahan, Sibolga juga menawarkan biaya hidup yang sangat murah. Anda bisa tinggal di kota ini dengan biaya hidup berkisar Rp1-1,5 juta per bulannya. Biaya ini sudah mencakup biaya kebutuhan sehari-hari seperti makan, transportasi, dan tempat tinggal. 


6. Metro

Metro merupakan salah satu kota yang cukup besar di Provinsi Lampung. Meski masuk dalam kategori kota besar, namun biaya sehari-hari untuk kebutuhan di sana relatif murah. Jika dihitung-hitung, biaya hidup per bulan di Metro kurang lebih sebesar Rp3 juta. Biaya hidup ini sudah meliputi biaya makan, tempat tinggal, transportasi, dan biaya lain-lain. 

Untuk harga sewa kamar di Metro pada umumnya sekitar Rp4 juta per tahun atau sebesar Rp350 ribu per bulan. Sementara itu, biaya makan per bulan bisa menghabiskan uang berkisar Rp600-800 ribu per bulan. 


7. Cirebon

Cirebon juga merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki biaya hidup murah. Harga kebutuhan pokok seperti makanan, kebutuhan rumah, tempat tinggal, hingga transportasi di Cirebon relatif terjangkau. 

Untuk hidup di kota ini, Anda hanya perlu mengalokasikan budget berkisar Rp1,5-2 juta per bulan jika masih sendiri. Jika sudah berkeluarga,  Anda bisa menyesuaikan kebutuhannya dengan jumlah anggota keluarga. 

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut