get app
inews
Aa Read Next : 2 Pekerja Tambang Batu Bara di Bayah Lebak Masih Terjebak, Lubangnya Ada Gas Asam

Perkampungan Baduy di Lebak Dilanda Banjir, Kepala BPBD: Esok Hari Bantuan Akan Disalurkan 

Minggu, 11 September 2022 | 21:57 WIB
header img
Perkampungan Baduy di Lebak Dilanda Banjir, Kepala BPBD: Esok Hari Bantuan Akan Disalurkan. (Foto istimewa)

LEBAK, iNewsPandeglang.id – Akibat intensitas curah hujan tinggi, perkampungan suku Baduy di Lebak Banten, dilanda banjir, kejadian banjir tersebut terjadi di Kampung Cijahe, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.

 

 

Kepala BPBD Kabupaten Lebak, Febby Rizki Pratama mengatakan, kejadian banjir tersebut terjadi sekitar pukul 17.40 WIB, akibat intensitas curah hujan tinggi sehingga dilanda banjir di Perkampungan Baduy, air banjir itu berasal dari sungai Cibarat. Ketinggian banjir tersebut mencapai 30 cm.

 

"Intensitas hujan lebat, jadi mengalami banjir, penyebab airnya dari aliran sungai cibarat, hulunya dari siang hujan terus, dan cukup lama hujannya. Sebenernya tidak terlalu tinggi yah, ke permukiman warga paling 30 cm atau sepinggang orang dewasa, yang terdampak 9 rumah, kemudian longsor hanya 2 rumah yang terdampak," katanya, saat dihubungi via telepon seluler. Minggu (11/9/2022).

 

Ia melanjutkan, untuk korban jiwa pihaknya belum mendapatkan informasi terkait adanya korban jiwa, namun saat ini banjir tersebut sudah surut, tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak sudah turun ke lokasi. 

 

"Untuk saat ini kita belum ada laporan adanya korban dari banjir, yang jelas para wisatawan aman saat banjir tidak ada yang melintas, tim kita sudah turun ke lokasi banjir dan membawa tali bilamana ada yang dibutuhkan dalam melakukan evakuasi, terus perahu karet tetapi banjir udah surut, ujarnya.

 

Febby menambahkan, untuk bantuan yang terdampak banjir, pihaknya akan mengirimkan bantuan esok hari, berupa logistik maupun makanan. 

 

"Kalau bantuan rencana kita besok akan kirimkan, bantuan di dorong besok pagi, besok kita salurkan, tadi hanya asesment aja seperti tali," tambahnya. 

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut