get app
inews
Aa Read Next : Tergulung Ombak saat Mancing di Pantai Sodong Abu, Pria Cilograng Lebak Ditemukan Meninggal Dunia

Berniat Menolong Kedua Anaknya Terseret Ombak, PNS di Palabuhanratu Sukabumi Malah Tenggelam

Minggu, 11 September 2022 | 00:52 WIB
header img
Ilustrasi Tenggelam (Sindonews)

SUKABUMI, iNewsPandeglang.id - Satu keluarga terseret ombak di Pantai Dolphin yang berbatasan dengan Pantai Istiqomah di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu (10/9/2022) sekira pukul 11.50 WIB. Akibatnya 1 orang dinyatakan hilang dan 2 orang lagi berhasil diselamatkan.

Korban hilang bernama Deden Dudih Iskandar (43) seorang PNS warga Jalan Otista, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Sedangkan korban selamat merupakan kedua anaknya yang masih duduk di bangku sekolah, bernama Bara (10) dan Kakang (12).

Salah satu saksi di lokasi kejadian, Wati (39) yang merupakan istri korban, mengatakan bahwa suami dan kedua anaknya pada saat itu sedang bermain air di pinggiran pantai, tiba-tiba kedua anaknya terseret ombak hingga ke tengah lautan.

"Melihat kejadian itu, suami saya kemudian berupaya untuk menolongnya, namun ketiganya malah ketarik ombak hingga ke tengah, akhirnya petugas yang berjaga segera turun untuk memberikan pertolongan, akan tetapi suami saya tidak bisa terselamatkan dan hilang tenggelam," ujar Wati.

Sementara itu, Kepala Kantor SAR Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR, Fazzli mengatakan bahwa setelah mendapatkan informasi tersebut Pos SAR Sukabumi kemudian mengirimkan personil rescue untuk melaksanakan proses pencarian terhadap korban.

“Kita kirimkan personil rescue dari Pos SAR Sukabumi dengan membawa peralatan SAR air menuju lokasi kejadian. Upaya pencarian pada hari ini akan dilakukan dengan membagi area pencarian menjadi dua bagian,” ujar Fazzli kepada MNC Portal Indonesia.

Lebih lanjut Fazzli menjelaskan, tim pertama akan melakukan pencarian melalui proses penyisiran di laut menggunakan perahu karet dengan luas area pencarian hingga 1 NM2 di sekitar lokasi kejadian, kemudian tim kedua melakukan proses pencarian dengan menyisir sepanjang bibir pantai melalui jalur darat hingga radius 3 KM.

Upaya pencarian hari ini juga melibatkan puluhan personil SAR gabungan yang terdiri dari Pos SAR Sukabumi, PolAir Polres Sukabumi, Dalmas Polres Sukabumi, BPBD Kabupaten Sukabumi, Satpol PP Kabupaten Sukabumi, Koramil Palabuhan Ratu, Pramuka Peduli Kab.Sukabumi, Dispora Kabupaten Sukabumi, CBP Palabuhan Ratu, MRI Kab.Sukabumi, SSV, Paguyuban Rajawali, RAPI Lokal 01, Balawista, dan masyarakat.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut