get app
inews
Aa Read Next : Wujudkan Komitmen Peduli Lingkungan dan Masyarakat, PT TCI Pekerjakan 50 Warga Lokal

Isak Tangis Sambut Kepulangan Jenazah TKI Asal Lebak yang Tewas Kecelakaan di Malaysia

Minggu, 14 Agustus 2022 | 23:28 WIB
header img
Suasana duka sambut Jenazah Ade Jamal (45)TKI asal Lebak yang meninggal dunia kecelakaan di Malaysia saat tiba di rumah duka Kecamatan Cijaku, Lebak. (Foto iNews)

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Jenazah Ade Jamal (45), Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang meninggal di Malaysia akhirnya dipulangkan ke Indonesia. Duka menyelimuti keluarga korban ibunda Mariah saat menyambut kedatangan jenazah anak tercintanya.

Diberitakan sebelumnya Ade Jamal, TKI asal Lebak, Banten meninggal dunia Rabu, (10/8/2022) usai terlibat kecelakaan di jalan raya Pasir Besar, Tampin, Negeri Sembilan, Malaysia.

Jenazah Ade Jamal sudah tiba di rumah duka rencananya akan dimakamkan besok pagi di kampung halamannya Kampung Cipalabuh RT 08 RW 02, Desa Cipalabuh, Kecamatan Cijaku, Lebak, Banten, Minggu (14/8/2022) malam.


BP2MI menyerahkan jenazah kepada keluarga korban

"Keluarga kami sangat terharu rasanya bagai mimpi seakan gak percaya, Namun inilah balasan doa semua terkabulkan kami sangat banyak terima kasih, apalagi ibu saya menangis terus" ujar Marta adik almarhum Ade Jamal.

Selaku perwakilan keluarga, Marta mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu kepulangan jenazah kakaknya.

"Khusus buat KBRI di Malaysia, Disnaker Pusat juga Lebak, Pemdes Cipalabuh juga media, saya tak bisa berkata apa-apa hanya ucapan banyak terima kasih semoga Allah SWT membalas segala kebaikannya,"tuturnya.

Ibunda almarhum, Ibu Mariah pun berharap mudah-mudahan anaknya yang sewaktu hidupnya sangat berbakti kepada orang tua diterima Allah SWT. "Dan saya minta doanya mudah-mudahanan anak saya diterima di sisi Allah SWT dan ditempatkan di surganya,"ucapnya dengan haru.

Sementara Jai Sekdes Desa Cipalabuh turut berbela sungkawa atas kepergian warganya sekaligus tetangga juga mengucapkan banyak terimakasih kepada para pihak pemerintah yang sudah ikut andil membantu pemulangan jenazah Ade Jamal.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lebak, H. Maman Suparman mengatakan bahwa sedari awal mendapat informasi tersebut pihaknya bersama jajaran terus mengupayakan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengurus kepulangan jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Lebak Itu.

Apalagi pada kenyatanya kata dia, awalnya direncanakan jenazah ditebangkan dari Malaysia dengan pesawat rencananya 18 Agustus ini bisa dipercepat 14 Agustus 2022.

"Alhamdulillah jenazah hari ini sampai ke tanah air. Perkiraan sampai Cijaku jam 21.00  WIB dari Bandara Soeta tadi jam 17.00 WIB. Setiap peristiwa terkait PMI khususnya orang Kabupaten Lebak Disnaker Lebak selalu konsen komunikasi dengan BP2MI, Camat, kades/sekdes serta orang tua atau keluarga PMI. Kami ucapkan turut berduka cita kepada keluarga korban," ucap H. Maman saat dihubungi.

Untuk diketahui, kepulangan jenazah Ade Jamal tiba di tanah air tidak lepas dari dukungan semua pihak, antara lain pihak Kedutaan Indonesia di Kuala Lumpur Dubes Hermono, Kongfur Rijal Alhuda dan jajaran, Disnaker Pusat, Pemkab Lebak melalui Kadisnaker Lebak, H. Maman Suparman serta Jajaran, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Muspika Kecamatan Cijaku, Aparat Desa Cipalabuh yang proaktif dan cepat tanggap. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut