get app
inews
Aa Read Next : Ricuh, Demo Dugaan Sengketa Lahan Geruduk Kantor Camat Panimbang

Tol Serang-Panimbang Menuju KEK Tanjung Lesung Dipastikan Selesai 2024

Senin, 08 Agustus 2022 | 17:40 WIB
header img
Tol Serang-Panimbang Menuju KEK Tanjung Lesung (Foto/iNews)

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id –Pembangunan jalan tol Serang-Panimbang menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten sepanjang 83,67 kilometer dipastikan akan selesai pada tahun 2024 mendatang.

 

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan saat melakukan peletakan batu pertama atau Ground breaking di pintu keluar (exit) Tol Serang-Panimbang (Serpan) berlokasi di Desa Panimbang Jaya, Panimbang bersama Menteri PUPR RI, Basuki Hadimuljono yang didampingi, Gubernur Banten Al Muktabar dan Bupati Pandeglang Hj.Irna Narulita, Senin (09/08/2022).

 

"Saya minta tol Serang-Panimbang lanjutan ini di kuartal pertama tahun 2024 akan bisa selesai bersamaan dengan KEK Tanjung Lesung," ungkap Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan kepada awak media, usai peletakan bantu pertama tersebut.

 

Menko Marves RI, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, jalan tol Panimbang tersebut dirinya memastikan selesai pada kuarta pertama tahun 2024. Dengan dibangunnya akses tol pertumbuhan ekonomi masyarakat lebih baik.

 

"Kalau tol Panimbang ini dibangun itu simpul-simpul ekonomi ini akan timbul. Berpuluh-puluh tahun kan belum jadi, kalau ini selesai saya kira Banten ini pertumbuhan ekonominya akan tambah Bagus,” katanya.

 

Ia melanjutkan, pertumbuhan ekonomi Banten sekarang sudah lebih dari 5,44 persen. Sudah lebih dari nasional.

 

"Jadi kalau ini tol sudah selesai saya kira akan cepet tumbuh di atas 6 persen, dalam beberapa tahun ke depan. Semua kita selesaikan dengan baik," ujarnya.

 

Luhut mengungkapkan, Indonesia menjadi salah salah satu negara punya utang terkecil di dunia, yakni 40 persen sekian dari PDB. Jadi jangan bohongi rakyat punya utang Rp 7.000 triliun.

 

“Jadi saya minta temen-temen ini menyampaikan pada rakyat yang jelas soal utang 7000 triliun dari mulut-mulut orang yang bicara tidak jelas. Jadi kita jangan membohongi rakyat kita, titip itu, kita ini harus lugas, harus bangga menjadi orang Indonesia bahwa ini harus kita menej, semua kita selesaikan dengan baik,” tandasnya.

 

Sedangkan Menteri PUPR RI, Basuki Hadimuljono menambahkan bahwa Tol Serang-Panimbang totalnya 83 kilometer.

 

“Yang seksi 1 sepanjang 26,5 kilometer dari Serang-Rangkasbitung itu sudah beroperasi, yang seksi 2 sepanjang 24,17 kilometer sedang berkontruksi dengan progres lebih dari 30 persen. Yang seksi 3 yang 33 kilometer ini merupakan bagian dari dukungan pemerintah,” terangnya.

 

Total panjang jalan tol dibangun 83,67 kilometer. Pembiayaan dari KBBU yaitu kerja sama Badan Pemerintah dengan Badan Usaha.

 

“Yang 50 kilometer melalui Badan Usaha, yang 33 kilometer yang sekarang di ground breaking ini bagiannya pemerintah. Dengan anggaran sekitar Rp 4,6 triliun akan diselesaikan pada kuartal pertama 2024 , supaya bisa dimulai sebagai destinasi wisata Tanjung Lesung,” pungkasnya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut